Latihan Pertahanan TNI AU, Batam Diintai Pesawat Tempur

Rabu, 29 Oktober 2014 - 13:42 WIB
Latihan Pertahanan TNI AU, Batam Diintai Pesawat Tempur
Latihan Pertahanan TNI AU, Batam Diintai Pesawat Tempur
A A A
BATAM - Kehadiran dua pesawat tempur jenis sukhoi di udara Kota Batam, membuat warga terkejut dan bertanya-tanya, apa yang sebenarnya terjadi. Ternyata, pesawat itu milik TNI AU yang sedang latihan pertahanan udara.

Haris (29), warga Bengkong yang bekerja di salah satu perusahaan Shipping Agency mengaku, dirinya penasaran dengan suara nyaring dari pesawat tempur tersebut. Sejak pukul 09.00 WIB, pesawat itu melintasi kawasan Bengkong yang padat pemukiman.

"Saya kalau pesawat itu ternyata adalah pesawat temput jenis sukhoi. Suaranya tinggi sekali. Kayak dekat sekali pesawatnya," katanya heran, kepada wartawan, Rabu (29/10/2014).

Hal serupa diungkapkan Egi (23), karyawan swasta yang bekerja di Nagoya. Dia mengaku melihat dengan jelas satu pesawat tempur terbang di kawasan perbelanjaan Nagoya.

Bahkan, pesawat yang melintas sekitar pukul 11.30 WIB itu sempat memicu alarm salah satu mobil yang sedang terparkir di depan mini market Circle K Nagoya berbunyi. Tak pelak, suara alarm membuat warga yang sedang duduk kaget.

"Kaget. Saya kira suara apa. Tadi saja mobil sampai bunyi alarmnya," ujar wanita cantik berkacamata itu.

Salah satu karyawan warung kopi di Nagoya juga mengaku jantungan dengan suara sukhoi tersebut. Namun dia tampak antusias dan tidak kesal melihat pesawat tempur itu. "Bikin jantungan saja," ungkapnya.

Dua pesawat tempur jenis Sukhoi Skuadron Udara 11 Lanud Hasanuddin sejak dua hari ini mampir ke Batam. Mereka juga sempat menyergap sebuah pesawat komersil VH-PFK, saat tengah latihan pertahanan udara nasional (Hanudnas) XXXVIII.

Pesawat komersil itu kemudian dipaksa mendarat di Lanud Supadio, Pontianak, Kalbar, sekitar pukul 11.00 WIB, karena melintas tanpa izin di wilayah udara NKRI.

Adapun latihan Hanudnas digelar selama tiga hari, mulai Selasa hingga Kamis. Jenis Sukhoi yang melintas di udara Batam pagi ini yakni Su-27/30 MKI dan TS 3011. Termasuk juga di dalam armada itu Helikopter Super Puma dan Boeing 737.

Komandan Pangkan Udara (Danlanud) TNI AU Tanjungpinang Letkol Penerbang I Ketut Wahyu Wijaya mengatakan, selain Bandara Hang Nadim Batam, latihan yang sama juga serentak diadakan di seluruh Indonesia dalam rangka persiapan Hanudnas.

"Secara resmi latihan di buka di Markas Komando Pertahanan Udara Nasional (Mako Hanudnas) di Jakarta pada 28 Oktober sampai 30 Oktober," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3527 seconds (0.1#10.140)