Tim Jibom Polda Jabar Evakuasi 6 Benda Diduga Bom

Jum'at, 24 Oktober 2014 - 21:33 WIB
Tim Jibom Polda Jabar Evakuasi 6 Benda Diduga Bom
Tim Jibom Polda Jabar Evakuasi 6 Benda Diduga Bom
A A A
BANDUNG - Enam benda diduga bom ditemukan di Kampung Cimedal RT03/06, Desa Malasari, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jumat (24/10/2014).

Beruntung benda yang berbentuk seperti baterai tersebut tidak sampai meledak saat terkena mata cangkul seorang warga yang hendak membuat jalan setapak di lokasi dekat pemukiman warga itu.

Saksi mata Teten (30) menuturkan, saat itu dirinya beserta rekannya Asep (45) tengah melakukan penggalian untuk membuat jalan setapak.

Tiba-tiba setelah kurang lebih setengah jam menggali mata cangkulnya mengenai sebuah benda keras yang terbuat dari besi.

"Saat dikorek-korek saya menemukan sebuah benda berbentuk baterai berukuran cukup besar dengan panjang 8 centimeter dan lebar 5 centimeter," ujar ujar Teten ditemui di lokasi kejadian, Jumat (24/10/2014).

Dia menambahkan, ketika ditemukan benda yang belum diketahui jenisnya itu
telah tersusun rapih dengan jumlah 6 buah.

Karena tidak ingin mengambil resiko serta khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan Teten pun kemudian melaporkan kejadian tersebut pada pihak kepolisian setempat.

"Saya juga tidak tahu benda apa itu, makanya dibantu dengan warga lain dengan segera melaporkan penemuan benda asing itu kepada polisi," katanya.

Sekitar pukul 13.00 WIB Kepolisian Sektor Cimaung beserta Tim Inafis Polres Bandung kemudian melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk mengamankan keenam benda yang diduga peledak sisa zaman Belanda itu.

Selang beberapa jam kemudian tepatnya pukul 17.30 WIB tim Penjinak Bom dari Kepolisian Daerah Jawa Barat mengamankan benda berbahan besi yang telah berkarat itu.

Kapolres Bandung AKBP Jamaludin didampingi Kapolsek Cimaung Iptu Mohammad Arpin Siregar mengatakan, jajarannya menerima laporan adanya penemuan benda asing berbahan besi yang telah berkarat oleh warga sekitar pukul 12.00 WIB.

Tim Penjinak Bom dari Polda Jabar kemudian diterjunkan untuk melakukan pemeriksaan terhadap benda yang diduga bom tersebut.

"Jenisnya apa kami belum mengetahui secara persis. Karena tim Jibom masih melakukan pendalaman termasuk memastikan bahan materialnya," katanya.

Dia menambahkan, dari hasil pemeriksaan sementara enam buah benda asing itu diketahui memiliki sebuah pemicu atau yang biasa disebut detonator.

Kendati begitu, Kapolres belum dapat memastikan benda hasil temuan warga ini karena dari bentuknya masih terlihat asing bila klasifikasikan bom aktif terlebih secara visual seperti baterai.

"Mungkin benda yang terbuat dari bahan besi itu diduga hasil rakitan. Makanya tim Jibom akan melakukan pendalaman terkait hal itu," ungkapnya.

Jamaludin menjelaskan, wilayah Cimaung memang memiliki historis yang cukup kental bila dikaitkan dengan zaman Belanda termasuk kemungkinan bila benda asing tersebut merupakan peninggalan masa terdahulu.

Hingga berita ini diturunkan, keenam benda asing tersebut diamankan oleh Tim Penjinak Bom Polda Jabar untuk dilakukan identifikasi dan penelitian guna mengetahui jenis serta bahan yang terkandung didalam benda yang diduga bom tersebut.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.9007 seconds (0.1#10.140)