Penahanan KM Anisa Berbuntut Panjang

Selasa, 30 September 2014 - 18:16 WIB
Penahanan KM Anisa Berbuntut Panjang
Penahanan KM Anisa Berbuntut Panjang
A A A
BATAM - Diamankannya Kapal KM Anisa GT 34 oleh jajaran Ditpolair Polda Kepri, di perairan Tanjung Sengkuang, Batu Ampar, Rabu 17 September 2014, berbuntut panjang.

Sebab, kapal yang mengangkut sembako tersebut memiliki manifest yang dikeluarkan oleh pelayaran Singapura melalui agen di Singapura.

Manifest yang dikeluarkan oleh agen Outward Manifest juga menyebutkan, bahwa kapal bertolak dari Singapura, menuju Batam. Agen ini merupakan agen resmi dan beralamatkan, di Shippers Lee Seng Barter Tradar 32 Old Toh Tuck Road #01 - 04 I Biz Centre Singapore 597658.

Dalam manifest tersebut, disebutkan rincian barang yang dibawa oleh kapal kayu, yakni 8.000 karung beras dengan berat 25 kg per karung, 420 karton susu beruang, dan dua lori perabot seken dengan pemilik atas nama Darwis.

"Waktu digrebek, yang ada cuma ABK. Dan memang mereka tak punya manifest, karena dibawa oleh anggota saya yang turun ke darat. Tapi kenapa kapal langsung dibawa ke Mako Ditpolair Polda Kepri," kata Darwis, kepada wartawan, Selasa (30/9/2014).

Darwis mengaku, barang tersebut memiliki izin lengkap, dan sama sekali tidak melanggar hukum. "Saat digerebek, manifest dibawa oleh anggota saya yang lagi turun ke darat, karena waktu itu air surut. Dan yang di kapal hanya ada ABK saja," katanya.

Tidak hanya memiliki manifest barang yang diangkut, kapal yang diketahui merupakan milik M Arfah Daeng Mattorang alias Fendi, tersebut juga memiliki izin dan surat layar lengkap.

Saat ini, sembako telah diserahkan oleh Ditpolair Polda Kepri ke KPU BC Klas II B Batuampar. "Saya berharap barang saya bisa dikeluarkan, karena memang manifestnya ada," ujar Darwis.

Sebelumnya, dari puluhan ton sembako dan barang bekas yang diduga merupakan slundupan tersebut, Ditpolair Polda Kepri juga mengamankan seorang nahkoda atas nama Rudi serta sepuluh ABK.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6734 seconds (0.1#10.140)