Pabrik Arang Briket Terbakar

Senin, 29 September 2014 - 14:19 WIB
Pabrik Arang Briket Terbakar
Pabrik Arang Briket Terbakar
A A A
KULONPROGO - Sebuah pabrik arang briket milik PT Aneka Sinendo, di Pedukuhan Ploso, Banguncipto, Sentolo Kulonprogo Senin pagi (29/9/2014) terbakar.

Api menghanguskan ruangan supervisor, yang berdekatan dengan ruang produksi. Tidak ada korban jiwa namun akibat kebakaran di pabrik arang briket ini ditaksir kerugian mencapai puluhan juta.

Kebakaran yang melanda pabrik pembuat arang briket dari tempurung kelapa ini diketahui oleh karyawan pabrik Rahmat dan Sabirin, sekitar pukul 04.00 WIB.

Saat itu kedua karyawan ini melihat ada api di atas asrama kantor pabrik, yang bersebelahan dengan mesin produksi.

Sejumlah saksi dan karyawan lainnya berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun api terlanjur membesar dan harus mendatangkan tiga unit pemadam kebakaran.

Api sendiri baru berhasil dipadamkan tiga jam kemudian. “Diduga api ini berasal dari percikan api mengenai serbuk kayu,” jelasnya dalam laporan polisi. Kasus kebakaran di tempat ini juga pernah terjadi sekitar satu tahun lalu.

Hanya saja api tidak sebesar kemarin dan bisa dipadamkan oleh karyawan setempat. Kegiatan pabrik arang briket ini memang rentan menyebabkan kebakaran, karena produksinya menggunakan api.

Produksi arang briket ini sendiri banyak dijual ke luar negeri. Sejak 1992 silam, pabrik ini kerap mengirim briket arang ke Turki dan Arab Saudi.

Kasat Reskrim Polres Kulonprogo AKP Ricky Boy Sialagan mengatakan kasus kebakaran ini masih diselidiki.

Melihat dari keterangan sejumlah saksi di lapangan, tidak ada indikasi kesengajaan. Diduga api berasal dari percikan api.

“Masih kita selidiki penyebab pastinya,” jelasnya. Hingga kini berapa total kerugian pabrik ini belum bisa dihitung.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5207 seconds (0.1#10.140)