Penambang Pasir Tewas Tertimpa Runtuhan Tebing

Rabu, 27 Agustus 2014 - 19:27 WIB
Penambang Pasir Tewas Tertimpa Runtuhan Tebing
Penambang Pasir Tewas Tertimpa Runtuhan Tebing
A A A
KLATEN - Nahas dialami Sutopo Umar Bukhori, warga Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten. Penambang pasir ini tewas tertimpa longsoran tebing, saat menambang tadi pagi, di lereng Merapi, Kali Woro.

Keterangan yang dihimpun dari tetangga korban Jeck Jenarto, kejadian bermula ketika Sutopo memulai aktivitas menambang pagi tadi. Pria yang juga relawan kedaruratan di lereng Merapi itu mengais pasir di salah satu tebing, di Alur Kaliworo.

Lantaran kurang berhati-hati, tebing yang dibawahnya dikeruk oleh Sutopo, dan terjadi longsor. Diduga tak sempat menyelamatkan diri, longsoran material langsung mengenai bagian kepala Sutopo, dan membuatnya tewas seketika.

Longsoran tebing itu juga menimpa penambang lainnya Mukhlis, dan membuatnya luka ringan. "Ada batu yang mengenai bagian kepala Sutopo hingga akhirnya dia langsung tewas. Kejadiannya pukul 08.00 WIB," ungkap Jeck, Rabu (27/8/2014).

Sementara itu, Camat Kemalang Bambang Haryoko menyebutkan, sesaat setelah kejadian, korban langsung devakuasi oleh relawan yang dibantu warga. Tebing yang cukup curam sempat membuat evakuasi terambat.

"Setelah berjuang cukup lama, korban akhirnya bisa dievakuasi. Kita berjuang sekitar 30 menit, dan akirnya korban langsung dibawa ke rumah duka," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7461 seconds (0.1#10.140)