Kota Blitar dan Kabupaten Trenggalek Gelar Tes CPNS

Selasa, 22 Juli 2014 - 00:20 WIB
Kota Blitar dan Kabupaten Trenggalek Gelar Tes CPNS
Kota Blitar dan Kabupaten Trenggalek Gelar Tes CPNS
A A A
BLITAR - Pemerintah Kota Blitar dan Kabupaten Trenggalek mendapat kesempatan melakukan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) pada tahun 2014 ini. Sesuai dengan kebutuhan, Kota Blitar mendapat jatah kuota sebesar 67 kursi CPNS.

"Saat ini kita tengah merumuskan masing masing kebutuhanya," ujar Kepala Badan Kepegawaian Pemkot Blitar Trinanda Rohma Buana kepada wartawan, Senin (21/7/2014).

Sesuai informasi yang disampaikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), tenggat waktu rincian formasi hingga 24 Juli 2014. Setiap daerah yang berkesempatan rekrutmen diwajibkan menyetorkan syarat pengadaan CPNSD termasuk di dalamnya rincian formasi yang dibutuhkan. "Karenanya, hal ini yang menjadi prioritas kami saat ini," terang Trinanda.

Sebagai tindak lanjut, pemkot akan melakukan pengecekan kebutuhan tenaga teknis. Sebab, sesuai data yang ada, kebutuhan tenaga teknis di lingkungan Pemkot Blitar mencapai ratusan. Hal itu disebabkan tidak sedikit pegawai yang memasuki masa purna (pensiun) pada tahun 2014 ini. "Karenanya kami akan membuat rumusan sesuai dengan kompetensi dan kualifikasi," pungkasnya.

Sementara di Kabupaten Trenggalek, jatah kuota yang diberikan mencapai 48 kursi. Lampu hijau tersebut telah disampaikan Badan Kepegawaian Nasional (BKN). "Kita sebelumnya telah mengajukan 662 CPNS. Namun jatah kuota yang diberikan sebanyak 48," ujar Kepala BKD Kabupaten Trenggalek Pariyo.

Informasi yang disampaikan Pariyo, Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Ponorogo hanya mendapat jatah kuota 31 kursi. Sementara daerah lain tidak memperoleh kuota karena faktor beban APBD. "Dari 48 kursi, rinciannya 20 kursi untuk formasi pendidikan, 10 kursi untuk formasi tenaga kesehatan, dan sisanya 18 kursi untuk bidang teknis serta administrasi perkantoran," jelasnya.

Pengumuman pendaftaran CPNSD di Trenggalek secara resmi akan dipublikasikan BKD pada akhir Juli 2014 atau pasca Lebaran. Pemkab tidak menjelaskan jadwal ujian CPNS yang rencananya digelar online dengan sistem computer assisted test (CAT). "Yang pasti, dalam seleksi kali ini peserta tidak bisa mendaftar di dua daerah sekaligus," pungkas Pariyo.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6960 seconds (0.1#10.140)