Hujan Deras, Tiga Rumah Tertimpa Longsor

Rabu, 25 Juni 2014 - 21:00 WIB
Hujan Deras, Tiga Rumah Tertimpa Longsor
Hujan Deras, Tiga Rumah Tertimpa Longsor
A A A
TULUNGAGUNG - Hujan deras yang mengguyur kawasan utara wilayah Kabupaten Tulungagung meruntuhkan tebing yang berada diatas permukiman warga Desa Nglurup dan Desa Nyawangan, Kecamatan Sendang.

Runtuhan tanah liat merah setinggi sepuluh meter yang bercampur material batu dan potongan kayu itu menimpa tiga rumah warga.

Meski tidak ada korban jiwa, lumpur telah merusak dinding kamar dan dapur milik Jarno, warga Nglurup.

“Saat kejadian berlangsung kami memtuskan pergi meninggalkan rumah, “ tutur Jarno kepada petugas kecamatan setempat. Hujan turun hanya berdurasi sekitar tiga jam.

Sedikitnya tanaman berakar tunggang dan kemarau panjang mengubah sifat tanah menjadi labil. Peristiwa alam tersebut nyaris terjadi di setiap pergantian musim kemarau ke penghujan.

Saat bersamaan, dua rumah warga di Desa Nyawangan juga porak poranda. Sama dengan peristiwa di Nglurup, tidak ada korban jiwa.

Sementara secara geografis, sebagian besar permukiman warga di wilayah Sendang berada di perbukitan.

Lokasi ini bertempat di sekitar kaki Gunung Wilis. Camat Sendang Sulkhan mengimbau kepada warga untuk tetap menjaga kewaspadaan. Sebab, hujan mulai mengguyur sebagian wilayah Tulungagung.

“Sebab tidak tertutup kemungkinan akan terjadi longsor susulan, mengingat musim penghujan mulai datang. Untuk peristiwa yang terjadi, kita melakukan pembenahan dengan bergotong royong, “ tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3574 seconds (0.1#10.140)