Kebakaran Hutan dan Lahan Kepung Rokan Hilir

Rabu, 25 Juni 2014 - 19:42 WIB
Kebakaran Hutan dan Lahan Kepung Rokan Hilir
Kebakaran Hutan dan Lahan Kepung Rokan Hilir
A A A
PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan mengepung Kebupaten Rokan Hilir. Sedikitnya ada 366 titik api di kampung halaman Gubernur Riau Annas Maamun ini.

"Daerah Rohil terdapat hot spot sebanyak 221," ujar Kepala Pusat Informasi Data Informasi dan Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sutopo kepada wartawan, melalui siarannya persnya, Rabu (25/6/2014).

Sementara sisanya, tersebar di Kota Dumai 59 titik api, Kabupaten Bengkalis 57 titik, Pelalawan 19 titik, Inhil dan Kuasing masing tiga titik, dan dua titik di Siak dan satu titik di Inhu. "Hot spot di Riau dari hari ke hari mengalami peningkatan. Ini perlu di waspadai," tegasnya.

Menurut Sutopo, kebakaran hutan dan lahan di Riau, perlu diwaspadai. Karena arah angin dominan ke timur laut menuju timur atau mengarah ke negara tetangga. "Artinya potensi asap Riau terbawa ke Malaysia dan Singapura akan semakin meningkat jika tidak diatasi secara total," ucapnya.

Dia berharap, Gubernur Riau beserta bupati dan wali kotanya cepat mengambil langkah nyata untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan. "Namun di sini yang harus ditekankan adalah penegakan hukum. Karena penyebab kahutla 99 persen akibat kesengajaan," tukasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4312 seconds (0.1#10.140)