Kasus flu burung di Bone, tidak menular ke manusia

Rabu, 05 Maret 2014 - 13:44 WIB
Kasus flu burung di Bone, tidak menular ke manusia
Kasus flu burung di Bone, tidak menular ke manusia
A A A
Sindonews.com - Tim Surveilans dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bone, bersama tim dari Dinas Peternakan Kabupaten Bone, mengunjungi rumah warga yang ternaknya terserang flu burung, di Kelurahan Biru, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Kepala Tim Surveilans Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Marsuki mengungkapkan, investigasi tersebut adalah program tahapan untuk penanggulangan kasus flu burung.

"Kami mendapatkan laporan tentang adanya ternak ayam yang terkena flu burung, sehingga kami melakukan investigasi terhadap warga yang kontak langsung dengan unggasnya itu," ujarnya, kepada wartawan, saat mengunjungi rumah warga, Rabu (5/3/2014).

Marsuki mengatakan, masa inkubasi virus flu burung selama dua minggu. "Jika ada warga yang sakit, kami sarankan segera memeriksa ke puskesmas terdekat," kata Marzuki.

Walau demikian, selama ini pihaknya belum menemukan adanya penularan flu burung kepada manusia. "Kasus flu burung pernah terjadi 2012 lalu, waktu itu hanya unggas yang kena, tidak ada penularan ke virus flu burung ke manusia," tukasnya.

Sementara itu, pemilik ternak yang unggasnya terserang flu burung Hasbi (56) mengatakan, hingga saat ini keadaan dirinya dan keluarganya baik-baik saja. "Selama ini saya merasa sehat, begitu juga dengan keluarga. Saya rasa flu burung pada ayam itu tidak menular ke manusia," pungkasnya.

Sekedar informasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Bone dan Dinas Peternakan Kabupaten Bone membentuk Tim Gerak Cepat (TGC) penanganan flu burung. Dari tahun 2013 hingga 2014, kasus flu burung ini yang pertama ditemukan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5857 seconds (0.1#10.140)