5 bendungan di Pekalongan rusak

Rabu, 30 Oktober 2013 - 09:24 WIB
5 bendungan di Pekalongan rusak
5 bendungan di Pekalongan rusak
A A A
Sindonews.com - Lima bendungan yang ada di kabupaten Pekalongan , Jawa Tengah, saat ini kondisinya rusak, dan tak bisa dioperasikan.

Akibatnya ribuan hektare sawah yang mengandalkan irigasi dari bendungan tersebut terancam tak bisa dialiri air, dan gagal panen . Lahan persawahan saat ini mengering dan sebagian masih dibiarkan terlantar.

“Sejak bendungan rusak, air tidak bisa mengalir dan lahan kekurangan air, apalagi saat ini musim kemarau masih terjadi, sehingga kami tak bisa mengharapkan hasil dari lahan sawah ini," ujar Tarmudi salah seorang petani Desa Bukur, Kecamatan Bojong Pekalongan, Rabu (30/10/2013).

Untuk mengairi lahan sebagian petani terpaksa menggunakan pompa dengan cara sewa, namun hal ini juga memberatkan karena biaya sewa terhitung mahal yaitu berkisar Rp150 ribu per tiga jam.

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Alam (PSDA) Kabupaten Pekalongan, Bambang Pramukamto mengakui adanya bendungan yang rusak dan membutuhkan perbaikan agar berfungsi maksimal untuk mengairi sawah. Tidak hanya rusak, tapi sebagian peralatan bendungan juga hilang.

“Dari 12 bendungan yang ada sebanyak lima bendungan kondisinya rusak sebagian karena faktor usia dan belum ada perbaikan ada juga akibat tangan - tangan jahil , yaitu peralatan bendungan banyak dicuri “ ujar Bambang menduga.

Disebutkan Bambang, total 2.500 hektare yang akan terganggu masalah pengadaan air dengan kondisi tersebut. Namun sayangnya, upaya untuk melakukan perbaikan bendungan terkendala dana.

Pemkab Pekalongan sangat berharap kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ataupun pusat agar segera membantu menanggulangi masalah tersebut.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5564 seconds (0.1#10.140)