TPS unik bergaya tradisional Makassar

Rabu, 18 September 2013 - 17:12 WIB
TPS unik bergaya tradisional Makassar
TPS unik bergaya tradisional Makassar
A A A
Sindonews.com - Sebagai bagian dari upaya menarik minat warga agar menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan wali kota dan wakil wali kota Makassar, panitia pemungutan suara di TPS 23, RT 6, Kelurahan Tamalanrea, Kecamatan Tamalanrea, membuat TPS unik.

Petugas KPPS bahkan berpakaian tradisional khas Bugis Makasssar. Mereka menggunakan sarung palekat sarung sutra dengan cura labba dan cura caddi, baju koko dan passapu patonro pada kepala.

Ketua KPPS, Prof Aminuddin Salle, mengatakan panitia memang selalu berupaya berinovasi untuk membuat TPS yang unik, menarik dan nyaman. Hal ini untuk mendukung suasana TPS yang teduh. Sehingga diharapkan mampu membuat warga menjadi betah untuk mengantre saat memberikan hak suaranya.

Mereka sengaja mengenakan kostum bernuansa tradisional agar menarik minat masyarakat datang ke TPS menyalurkan hak pilihnya tanpa terpaksa. Selain itu bagian dari upaya melestarikan budaya.

“Jika lebih banyak warga datang ke TPS tentu akan mengurangi jumlah warga yang tidak menggunakan haknya atau golongan putih pada Pilkada termasuk bagi pemilih muda di lingkungan Perumahan Dosen Tamalanrea dimana TPS 23 berada,” ungkapnya.

Di TPS ini terdaftar DPT sebanyak 391. Sampai pukul 09.00 Wita pagi setengah pemilih sudah berpartisipasi. Bahkan belasan warga yang datang menggunakan hak pilih meski tak mendapat undangan. Mereka datang dengan KTP dan kartu keluarga.

Mereka yang tidak memilih di TPS ini umumnya karena kesalahan data saja. Ada yang sudah tiga tahun meninggalkan Tamalanrea tapi masih memiliki kartu memilih atau ada juga yang mendapat kartu pemilih ganda.

Untuk memberikan nuansa persatuan, gerbang masuk TPS sudah dihiasi umbul-umbul dan bendera kecil merah-putih. Ini melambangkan penyatuan. Sehingga apapun pilihan warga, tidak akan menyebabkan perpecahan.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5253 seconds (0.1#10.140)