Program Doktor Mengabdi dan KKN Tematik UB Berhasil Bawa Pertumbuhan di Pinogu

Selasa, 01 Agustus 2023 - 16:05 WIB
loading...
Program Doktor Mengabdi dan KKN Tematik UB Berhasil Bawa Pertumbuhan di Pinogu
Seminar Program Doktor Mengabdi dan KKN Tematik Universitas Brawijaya yang berhasil bawa pertumbuhan di Pinogu. (Foto: dok UB/Pemkab Bone Bolango)
A A A
BONEBOL - Sudah empat tahun program Doktor Mengabdi dan KKN Tematik dilaksanakan di Kecamatan Pinogu. Hasilnya, Pinogu 'bertumbuh' sebagaimana tagline mereka. Setiap tahun ada hilirisasi teknologi hingga pembuatan sertifikasi produk sapi organik.

Hal tersebut disampaikan saat presentasi seminar akhir Doktor Mengabdi dan KKN Tematik persiapan sertifikasi organik sapi dan hilirisasi teknologi pengelolaan produk sapi organik yang dibuka langsung oleh Asisten III Setda Bone Bolango, Marnie Nisabu.

Kawasan Pinogu terbilang spesial. Pasalnya, Prof Dr Ir Bambang Susilo MSc Agr berani mengatakan Pinogu miniatur Indonesia karena berkedaulatan pangan energi dan ramah lingkungan. Alasannya adalah Pinogu merupakan kecamatan enclave yang terletak di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Bone Bolango, Gorontalo.

"Akses yang terbatas mencegah saprodi kimia sintetis masuk ke Pinogu sehingga Pinogu menjadi kawasan organik. Pinogu itu sudah menjadi kawasan organik tinggal pengesahan saja lewat sertifikat," ujar Bambang yang juga menjelaskan komoditas unggulan dari Pinogu yakni di sektor pertanian organik, kopi, beras, sapi. Namun, pemasaran produk organik Pinogu masih setara dengan sapi yang nonorganik.

Sementara itu, seminar akhir yang dihadiri Kepala Bappeda Bone Bolango, Basir Noho menambakan bahwa Program Doktor Mengabdi sejak tahun 2020 ini adalah hasil kerja sama antara Univesitas Brawijaya dengan Pemda Bone Bolango. Kerja sama dimulai dari Pengembangan Agroindustri Kopi Unggulan Pinogu di Kawasan Tertinggal Desa Pinogu, tahun 2021.

Percepatan Sertifikasi Organik Kopi Pinogu melalui Pengembangan Model Pertanian Terpadu. Tahun selanjutnya berupa sertifikasi Organik Kopi Pinogu untuk Pengembangan Produk Unggulan dan program maching fund terkait.

Peningkatan Nilai Tambah Hasil Ternak Sapi Pinogu Melalui Pengembangan Sentra Olahan Abon Sapi Organik tahun 2023 Program Doktor Mengabdi terkait pengembangan dan Persiapan Sertifikasi Organik Sapi dan Hilirisasi Teknologi Pengolahan Produk.
(dsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0762 seconds (0.1#10.140)