12 Korban Kapal TKI Tenggelam Dipulangkan ke Daerah Asal

Selasa, 08 November 2016 - 17:31 WIB
12 Korban Kapal TKI Tenggelam Dipulangkan ke Daerah Asal
12 Korban Kapal TKI Tenggelam Dipulangkan ke Daerah Asal
A A A
BATAM - Sebanyak 12 korban selamat dari musibah kapal TKI tenggelam di perairan Nongsa, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (2/11/2016), dipulangkan ke daerah masing-masing melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Selasa (8/11/2016).

Sebelumnya mereka diinapkan di Shelter Nilam Suri milik Dinas Sosial Kota Batam, Nongsa. Total korban yang selamat dan sudah dipulangkan menjadi 36 orang dari 39 orang. Rinciannya, 22 orang TKI asal Lombok, dua asal Padang, dan 12 orang asal Aceh, Medan, Palembang, Surabaya, dan NTT.

"Tiga orang asal Lombok masih tinggal untuk dimintai keterangan dan kepentingan identifikasi keluarganya yang menjadi korban," kata Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kementerian Tenaga Kerja Maruli Hasoloan, Selasa (8/11/2016).

12 orang yang selamat dan dipulangkan ke daerah asal itu adalah Nasrul (Palembang), Bustami dan Sofianto (Aceh), Hendra dan Zuraidah (Medan), Pendik Eko Purnomo, Didik Suprianto, Harianto, dan Imam Fadloli (Surabaya), serta Dominika Sasi, Yosep Marnis, dan Marianus Yaboki (NTT).

Ia mengatakan, biaya pemulangan 12 korban yang selamat menggunakan anggaran Kementerian Tenaga Kerja. Mereka akan diantar dan didampingi sampai daerah tujuan masing-masing serta dijemput oleh pemerintah setempat.

"Musibah ini harus ditanggapi bersama-sama semua pihak baik pemerintah pusat, daerah, dan instansi terkait," ujarnya.

Ia berharap, kejadian ini menjadi pembelajaran bagi para TKI yang mencari pendapatan di luar negeri agar mengikuti mekanisme yang baik melalui perusahaan penyalur TKI resmi yang sudah terdaftar.

"Kita bersama pemerintah daerah menata para calon TKI, kalau mau keluar harus menaati aturan yang ada," jelasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5344 seconds (0.1#10.140)