Kurir 15 Kg Ganja Ditangkap saat Turun dari Bus

Selasa, 27 September 2016 - 07:38 WIB
Kurir 15 Kg Ganja Ditangkap saat Turun dari Bus
Kurir 15 Kg Ganja Ditangkap saat Turun dari Bus
A A A
BUKITTINGGI - Aparat Polres Bukittinggi, Sumatera Barat, menangkap seorang kurir ganja saat turun dari bus antarprovinsi. Dari tangan pelaku, polisi menemukan 15 paket ganja kering seberat 15 kilogram.

MA (51), warga Lhokseumawe, Aceh ini tak berkutik saat diringkus petugas Satuan Reserse Narkotika Polres Bukittinggi saat turun dari bus di halaman parkir bus Simpang Limau, Bukittinggi, Senin (26/9/2016).

Kapolres Bukittinggi AKBP Tri Wahyudi mengatakan, tersangka diduga merupakan anggota jaringan pengedar ganja Aceh yang telah menjadi target operasi selama satu bulan lebih.

"Yang bersangkutan baru turun dari bus dari arah Medan. Setelah kita geledah ternyata ini didapati membawa 15 kg ganja yang terbungkus dalam dua dus secara rapi. Keterangan sementara ini dibawa ke Bukittinggi dan untuk diteruskan ke temannya yang saat ini temannya masih kita dalami keberadaannya. Mudah-mudahan mata rantai tidak akan putus sampai di sini dan kita akan kembangkan," jelasnya.

Dari tangan tersangka, polisi juga mengamankan satu unit ponsel, dan uang tunai Rp400 ribu.

Sebagai kurir, MA yang juga bapak delapan orang anak ini ditugasi pemilik ganja berinisial B membawa ganja dari Aceh ke Bukittinggi untuk diberikan kepada seseorang yang nantinya diedarkan di kawasan Kota Bukittinggi.

Tersangka diberi upah Rp400 ribu per bungkusan paket. Sementara, saat berangkat dari Aceh, dia diberi uang Rp1 juta untuk bekal di jalan.

Tersangka membantah sebagai anggota jaringan pengedar. Dia mengaku baru kali ini mau mengantar ganja dengan risiko ditangkap polisi. Dia mengaku terdesak dan butuh uang untuk biaya kuliah anaknya.

MA kini masih diperiksa intensif oleh polisi. Dia terancam hukuman 12 tahun kurungan karena melanggar Pasal 111 UU Narkotika.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3021 seconds (0.1#10.140)