Pencarian Korban Banjir Bandang Garut Dilanjutkan Besok

Minggu, 25 September 2016 - 19:11 WIB
Pencarian Korban Banjir Bandang Garut Dilanjutkan Besok
Pencarian Korban Banjir Bandang Garut Dilanjutkan Besok
A A A
GARUT - Tim Satgas Penanggulangan Bencana Kabupaten Garut tidak berhasil menemukan korban hilang akibat banjir bandang Garut pada hari kelima tanggap darurat ini.

Prioritas pencarian dilakukan di sepanjang Sungai Cimanuk Kabupaten Garut hingga Sumedang. Komandan Satgas Penanggulangan Bencana Kabupaten Garut Letkol Arm Setyo Hani Susanto menjelaskan, proses pencarian itu melibatkan 1.365 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, dan Basarnas.

"Kami juga mendapat bantuan tenaga dari angjing pelacak. Sementara tenaga medis dan relawan yang terlibat, mencapai ribuan," ujarnya, Minggu (25/9/2016) petang.

Hari ini, proses pencarian dimulai sejak pukul 07.00 WIB dengan menyisir Sungai Cimanuk. Anjing pelacak dan tiga alat berat dikerahkan. "Di kawasan Cimacan juga kami upayakan pencarian, namun nihil," ujarnya.

Di Waduk Jatigede, tambahnya, penyisiran dilakukan sejak pukul 08.00 WIB sampai 14.00 WIB. Pada pukul 14.00 WIB pencarian dihentikan sementara akibat hujan.

"Hasilnya (di Waduk Jatigede) juga nihil. Tapi besok akan dilanjut dengan mengangkut sampah. Pencarian kami akan perluas, termasuk di Bendung Copong akan coba saya pantau," katanya.

Hingga saat ini, bencana banjir bandang yang melanda Garut pada Selasa 20 September 2016 lalu telah memakan korban jiwa sebanyak 33 orang.

"Dari 33 jenazah korban, dua di antaranya masih ditindaklanjuti dengan tes DNA untuk diketahui identitasnya," katanya.

Setyo yang juga menjabat sebagai Komandan Kodim 0611 Garut, meminta elemen masyarakat untuk melakukan pelaporan atau pengaduan ke Posko Penanggulangan Bencana di Makodim 0611 Garut. Saat ini, kata dia, proses pencarian dihentikan sementara karena waktu semakin gelap.

"Pemantauan tetap dilakukan. Bila ada informasi, tim selalu siap dalam 24 jam. Besok kami akan lanjutkan dengan memaksimalkan pencarian, semoga ada mukjizat," ucapnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5637 seconds (0.1#10.140)