Rano Usulkan Ritual Seren Taun Jadi Warisan Budaya

Senin, 29 Agustus 2016 - 12:51 WIB
Rano Usulkan Ritual Seren Taun Jadi Warisan Budaya
Rano Usulkan Ritual Seren Taun Jadi Warisan Budaya
A A A
LEBAK - Ritual adat Seren Taun yang sudah berlangsung selama 700 tahun diusulkan menjadi warisan budaya tak benda oleh pemerintah Provinsi Banten.

Gubernur Banten Rano Karno mengatakan, usulan tersebut lantaran prosesi ritual yang digelar selama setahun sekali dan dilaksanakan selama tujuh hari tujuh malam merupakan warisan budaya dengan daya tariknya.

"19 ribu samapai 20 ribu orang kunjungan wisatawan sudah datang ke sini (Seren Taun), kita sedang mengusulkan Seren Taun menjadi warisan budaya ke kementrian pariwisata," ujar Rano saat mengunjung Desa Cisungsang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten.

Peneliti baik lokal maupun nasional banyak yang sudah melakukan penelitian terkait Seren Taun. Ketertarikan peneliti melihat dari tidak lunturnya warisan leleuhur meskipun masyarakat adat sudah terbuka dengan kemajuan jaman.

"Seren taun sudah menjadi ruh masyarakat sekitar dan pengunjung, dengan setiap ritual seren taun, ribuan masyarakat mendatangi Cisungsang," kata Rano.

Sementara itu, Bupati Lebak Iti Octaviani Jaya Baya mengatakan, untuk menunjang dan mendukung pariwisata budaya seren taun, pemkan lebak akan melakukan pelatihan SDM-nya seperti UMKM, dan Penginapan.

"Nanti kita melakukan pelatihan manajemen home stay kepada masyarakat sekitar, untuk menyambut wisatawan yang akan berkunjung ke sini (Cisungsang,)" pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3790 seconds (0.1#10.140)