BI dan PKPU Gelar Pelatihan Manajemen Pariwisata di Desa Sidamukti

Kamis, 25 Agustus 2016 - 20:25 WIB
BI dan PKPU Gelar Pelatihan Manajemen Pariwisata di Desa Sidamukti
BI dan PKPU Gelar Pelatihan Manajemen Pariwisata di Desa Sidamukti
A A A
MAJALENGKA - Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU bersama Bank Indonesia (BI) wilayah Cirebon menggelar pelatihan manajemen pariwisata di Desa Sidamukti, Kabupaten Majalengka, Rabu 24 Agustus 2016. Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan cluster berdaya program Bank Indonesia yakni Village Tourism Care and Development di Desa Sidamukti.

Konsultan pariwisata Fitra Ananta menjadi narasumber dalam pelatihan ini. Pelatihan ini dihadiri oleh 40 anggota karang taruna dari lima dusun, yang semuanya merupakan petugas pariwisata Gunung Panten.

”Kami berharap Bank Indonesia perwakilan Cirebon masyarakat Desa Sidamukti bisa aktif bergerak mengembangkan potensi mereka untuk membantu meningkatkan pendapatan mereka dengan adanya program Bank Indonesia yakni Village Tourism Care and Developmen ini,” ujar Maya selaku perwakilan Bank Indonesia.

Sementara Fitra Ananta mengatakan bahwa yang paling penting dari semua potensi pariwisata yang ada di desa adalah pengelolanya atau dengan kata lain masyarakat desa itu sendiri. Oleh karena itu, pelatihan ini dibuat untuk meningkatkan kecakapan masyarakat desa, khususnya karang taruna dalam mengelola desa wisata sehingga manfaat dan keuntungannya dapat dirasakan langsung.

Karwan, selaku penerima manfaat sangat mengapresiasi pelatihan ini. Dia menuturkan, saat ini pengunjung yang hadir ke desa ini mengalami peningkatan. Masyarakat merasa sangat terbantu atas kehadiran PKPU dan Bank Indonesia.

Pak Kuwu (panggilan kepala desa) mengakui perlunya peningkatan pengetahuan dan skill masyarakat. Hal ini karena mereka yang paling banyak turun di lapangan untuk mengelola Desa Sidamukti.

Oleh karenanya, Pak Kuwu mengucapkan terima kasih kepada PKPU dan Bank Indonesia yang telah memfasilitasi pelatihan bagi warganya. Dia berharap pelatihan ini dapat bertahap dan mendapat pendampingan. Tujuannya agar bisa meningkatkan pelayanan dan pengunjung wisata Desa Sidamukti. (Vina/Putri/PKPU)
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1682 seconds (0.1#10.140)