Foto Anggota TNI di Depan Gereja Nduga Bikin Heboh, Ini Fakta dan Penjelasan Kodam Cenderawasih

Minggu, 11 Juni 2023 - 21:18 WIB
loading...
Foto Anggota TNI di Depan Gereja Nduga Bikin Heboh, Ini Fakta dan Penjelasan Kodam Cenderawasih
Ini lah Gereja Nduga lokasi pengambilan gambar oknum anggota TNI hingga membuat heboh, Kodam Cenderawasih pun memberikan penjelasan. Foto: Istimewa
A A A
NDUGA - Foto anggota TNI yang bertugas di wilayah Distrik Mapenduma, Kabupaten Nduga , Papua, mendadak bikin heboh. Penyebabnya, anggota TNI tersebut mengabadikan diri di depan Gereja Kingmi.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman pun angkat bicara soal foto sang anak buah. Menurut dia, foto prajurit TNI yang berpose di depan Gereja Kingmi ini terjadi beberapa tahun silam.



"Bahwa foto prajurit TNI yang berpose di depan salah satu Gereja Kingmi yang berlokasi di Mapendum terjadi pada tahun 2019 saat prajurit tersebut bertugas di Mapenduma, Kabupaten Nduga," tutur Kapendam Cenderawasih dalam pernyataan tertulis yang diterima SINDOnews, Minggu (11/6/2023).

Foto yang kini tersebar viral itu dituding melecehkan tempat ibadah. Namun Kolonel Kav Herman Taryaman membantahnya dengan tegas.



"Prajurit TNI tersebut mengambil gambar karena ingin menunjukkan bahwa dirinya pernah bertugas di wilayah Mapenduma Kabupaten Nduga," tegas sang kolonel.

Bahkan saat ini kata dia, anggota TNI tersebut sudah menerima tindakan disiplin. Sebagai tambahan, Kolonel Kav Herman Taryaman menegaskan para anggota TNI akan memberikan rasa aman kepada masyarakat untuk beribadah.

"Tidak ada gereja yang disentuh oleh TNI, kecuali untuk membantu dalam memberikan rasa aman terhadap warga masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah di gereja," paparnya.



Dalam pelaksanaan tugasnya TNI ada di pos mereka, seperti yang ditekankan oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han kepada setiap prajurit yang melaksanakan tugas untuk selalu mengedepankan komunikasi, menciptakan rasa damai dan menghindari pertumpahan darah.

Maka dari itu, Kolonel meminta agar warga masyarakat tidak gampang terprovokasi oleh foto atau gambar yang diberi caption tak sesuai.

"Masyarakat jangan pernah terprovokasi oleh mereka yang sengaja menabur benih ilalang pada saat benih gandum ditabur," tandasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6356 seconds (0.1#10.140)