Kerusuhan Pecah di Mamberamo Tengah, Dipicu Pembagian Dana Desa

Jum'at, 09 Juni 2023 - 21:55 WIB
loading...
Kerusuhan Pecah di Mamberamo Tengah, Dipicu Pembagian Dana Desa
Kerusuhan terjadi di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua Pegunungan. Foto/iNews TV/Fredy Nuboba
A A A
MAMBERAMO TENGAH - Kerusuhan pecah di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua Pegunungan. Kerusuhan tersebut dipicu oleh pembagian dana desa, yang dinilai oleh masyarakat tidak sesuai dengan ketentuan.



Ratusan warga dari lima distrik yang merasa ada kejanggalan dalam pembagian dana desa mengamuk, mereka merusak dan melempari Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Mamberamo, Jumat (9/6/2023).



Warga yang melakukan protes pembagian dana desa tersebut, berasal dari Distrik Kelila, Distrik Ilugwa, Distrik Eragayam, Distrik Kobakma, dan Distrik Magambilis. Mereka menilai, dana desa yang diterima kali ini berkuarang dari biasanya.



Pegawai Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Mamberamo Tengah, yang diminta warga menjelaskan ketidak sesuaian penyaluran dana desa tersebut, tidak mampu memberikan jawaban. Kondisi ini semakin membuat massa marah, dan akhirnya merusak serta melempari kantor tersebut.

Kerusuhan Pecah di Mamberamo Tengah, Dipicu Pembagian Dana Desa




"Akibat kerusuhan tersebut, sejumlah bangunan di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Mamberamo Tengah, mengalami kerusakan. Massa akhirnya berhasil ditenangkan oleh aparat gabungan dari Polres Mamberami Tengah, dan Kodim 1702/Jayawijaya," ujar Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1108 seconds (0.1#10.140)