Ridwan Kamil: Bung Karno Merasakan Jatuh Bangun di Bandung

Senin, 30 Mei 2016 - 21:05 WIB
Ridwan Kamil: Bung Karno Merasakan Jatuh Bangun di Bandung
Ridwan Kamil: Bung Karno Merasakan Jatuh Bangun di Bandung
A A A
BANDUNG - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengapresiasi rencana MPR melakukan peringatan pidato Bung Karno 1 Juni di kota yang dipimpinnya. Bandung menurut Ridwan Kamil memiliki kedekatan dengan Ir Soekarno dan Pancasila.

Pernyataan itu disampaikan Ridwan Kamil saat menjadi pembicara kunci pada pembukaan acara bicara buku bersama wakil rakyat.

Acara yang dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan peringatan pidato Bung Karno 1 Juni di Bandung, tersebut diselenggarakan di Gedung Merdeka Bandung pada Senin (30/5/2016).

Kepada Soekarno, kata Ridwan Kamil, HOS Cokroaminoto, pernah berpesan kalau mau pintar Soekarno harus belajar di Bandung.

Saran tersebut ternyata didengar oleh Presiden pertama itu. Soekarno pun akhirnya kuliah di Bandung. Bahkan di Bandung Soekarno mendapat kejayaannya.

Pertemuan Soekarno dengan Moh Hatta pertama kali terjadi di Bandung. Pernikahan Soekarno dengan Inggid juga terjadi di Bandung.

Bahkan Soekarno berhasil dengan apik menyampaikan pidato tentang Pancasila, pertama kalinya, itu terjadi di Bandung, pada 71 tahun yang lalu.

"Bahkan di Bandung, Soekarno sempat merasakan dinginnya hawa penjara. Masing-masing di Sukamiskin dan Banceuy. Karena itu sangat tepat, jika peringatan pidato Bung Karno pada 1 Juni dilaksanakan di Kota Bandung," tandas Ridwan Kamil.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4941 seconds (0.1#10.140)