Dilalap Api Rumah Adat Raja Ambenu Jadi Abu

Sabtu, 30 April 2016 - 14:46 WIB
Dilalap Api Rumah Adat Raja Ambenu Jadi Abu
Dilalap Api Rumah Adat Raja Ambenu Jadi Abu
A A A
KEFAMENANU - Satu unit rumah adat dan sebuah lumbung makanan milik suku Bilu Anteta Raja Ambenu, di Desa Bakitolas, Kecamatan Naibenu, Timor Tengah Utara, NTT hangus terbakar sabtu (30/04/2016) pagi tadi.

Belum diketahui penyebab kebakaran karena saat kejadian tak seorang pun warga atau pemilik rumah adat berada di lokasi, namun kuat dugaan kebakaran terjadi akibat sambungan arus pendek pada listrik.

Maria Goreti Kolo, seorang saksi mata menyebutkan dirinya baru mengetahui ada kebakaran saat asap bersama lidah api sudah menjulang tinggi dari atas bubungan rumah adat itu.

"Kami liat asap keluar dari atas jadi Kami lari datang tapi tidak sempat selamatkan makanan, api juga tidak bisa dipadamkan api langsung menyala besar. Kami juga takut api dan di sini tidak ada air atau tengki segingga Kami bisa minta tolong orang," ujarnya.

Kencangnya tiupan angin membuat kobaran api semakin membesar ditambah lagi konstruksi rumah adat yang terbuat dari kayu dan alang-alang sehingga mudah terbakar.

Meski pun dalam kejadian itu tak ada korban jiwa namun seluruh makanan seperti jagung dan padi habis dilalap sijago merah.

Seorang warga hanya sempat menyelamatkan satu pucuk senjata api jenis springfield peninggalan bangsa belanda dari dalam rumah adat itu.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0157 seconds (0.1#10.140)