Pemindahan Patung HB IX ke Keraton Sesuai Wasiat

Selasa, 09 Februari 2016 - 14:10 WIB
Pemindahan Patung HB IX ke Keraton Sesuai Wasiat
Pemindahan Patung HB IX ke Keraton Sesuai Wasiat
A A A
YOGYAKARTA - Pemindahan patung Sri Sultan Hamengku Buwono IX ke Bangsal Kesatrian, Kraton Yogyakarta, sudah sesuai keinginannya sebelum wafat. Hal itu disampaikan Sri Sultan HB X pada sejumlah awak media di Keraton Yogyakarta.

"Sebelum wafat, beliau (HB IX) pesen agar dicari lukisan (patung) yang pernah tersender di bawah, dibekas Koramil Pakualaman," kata Sultan HB X, Selasa (9/2/2016).

Saat itu, Sultan berusaha mencari patung tersebut, namun tidak ditemukan. Seiring berjalanannya waktu, ayah lima putri ini justru lupa pesan almarhum ayahnya. "Saya engak tau dipindahkan di belakang, akhirnya saya enggak cari lagi, lupa," jelasnya.

Sekira enam bulan lalu, Sultan kembali teringat pesan almarhum ayahnya. Dia kembali mencari patung tersebut. "Ya, enam bulan lalu baru ingat kalau patung itu ada dibelakang," katanya.

Selanjutnya, Sultan mengajukan permohonan pada pihak keluarga yang membuat dan merawat patung tersebut. Permintaan Sultan pun dikabulkan.

"Saya ajukan permohonan pada keluarga, apa mungkin (bisa) patung itu dipindahkan ke Keraton sesuai pesan alm sebelum wafat. Ternyata diizinkan, ya sudah saya pindahkan, itu saja," bebernya.

Informasinya, patung itu berada di Jalan Batikan No.665, Wirogunan, Yogyakarta. Sore kemarin, patung dari batu andesit setinggi 160 cm itu dipindahkan ke Keraton.

Berada di atas kursi roda, Ny. Ratnasuri (84), istri Roestam Aji, pembuat patung tersebut langsung menangis saat ditanya awak media. Dia terharu atas pahatan sang suami.

"Kami keluarga sangat senang, patung itu akan lebih terawat di sini (kraton), tempat yang sangat layak," kata Sasongko, putra kedua alm Roestam Aji.

Dia mengaku sang ayah (Roestam Aji) membuat patung tersebut saat masih muda, belum menikah, sekitar tahun 1951 hingga 1953. Patung tersebut mengambarkan saat Sultan HB IX menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3885 seconds (0.1#10.140)