7.800 Warga Kota Padang Terserang ISPA karena Asap

Rabu, 07 Oktober 2015 - 13:28 WIB
7.800 Warga Kota Padang Terserang ISPA karena Asap
7.800 Warga Kota Padang Terserang ISPA karena Asap
A A A
PADANG - Kabut asap yang melanda Kota Padang, Sumatera Barat menyebakan 7.800 warga ranah minang tersebut terserang ISPA.

"Kita belum mengetahui usia yang menderita yang jelas, kita mengintruksikan Dinas Kesehatan Kota Padang untuk mendata yang terkena ISPA, baik itu umurnya, apakah pelajar atau lanjut usia," ujar Wali Kota Padang Mahyelsdi Ansrullah.

Soal meliburkan anak sekolah kata Mahyeldi tidak bisa disamakam dengan daerah lain, sebab daerah lain tidak sama level udaranya, begitu juga dengan pengukuran udara dari GAW BMKG Koto Tabang tidak bisa dijadikan bahan rujukan.

"GAW Koto Tabang ini hanya mengukur udara yang ada sekita Bukittinggi dan Agam, sementara kita ini di Padang," ujarnya.

Solusi lain yang diambil adalah meminta Bapedalda Kota Padang untuk mengukur kualitas udara yang ada di daerah Kota Padang.

Kalau kualitas udara sudah semakin memburuk Pemko Padang segera memberikan pengumuman.

"Apakah siswa diliburkan atau hanya sekedar membagi masker saja. Namun kalau masker dibagi konsentrasi pelajar akan terganggu sebab mereka tidak terbiasa memakai masker," sebutnya.

Tapi saat ini yang dilakukan Pemko Padang meminta seluruh warga Kota Padang dan pihak sekolah untuk tidak melakukan kegiatan di luar rumah maupun di luar sekolah untuk menghindari kabut asap.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5553 seconds (0.1#10.140)