Rumah di Sibolga Diterjang Longsor, 2 Warga Tertimbun

Senin, 05 Oktober 2015 - 20:30 WIB
Rumah di Sibolga Diterjang Longsor, 2 Warga Tertimbun
Rumah di Sibolga Diterjang Longsor, 2 Warga Tertimbun
A A A
SIBOLGA - Dua unit rumah di Kota Sibolga tertimbun tanah longsor, Minggu 4 Oktober tengah malam lalu. Sebanyak dua warga pemilik rumah menderita luka berat dan ringan pada kejadian itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sibolga DT Tamba mengatakan, peristiwa tanah longsor tersebut terjadi pada pukul 22.30 WIB, di Jalan SM Raja, Lingkungan III, Pancuran Gerobak, Kecamatan Sibolga Kota, akibat hujan deras yang melanda Kota Sibolga dari sore hingga tengah malam hari.

"Dua warga yang mengalami ruka - luka tersebut, satu atas nama Ija Br Purba, mengalami luka ringan dan satu orang lagi atas nama Juni Bate’e, mengalami luka berat," kata Tamba Senin (5/10/2015).

Korban luka berat ungkapnya, malam itu juga langsung dievakuasi oleh petugas BPBD Kota Sibolga ke rumah sakit FL Tobing, guna menjalani perawatan medis.

"Untuk rumah yang mengalami rusak berat, itu dihuni oleh keluarga Juni Bate’e dan rusak ringan Ija Br Purba,” tukasnya.

Dari peristiwa ini, Dia mengimbau warga Kota Sibolga yang berada di kaki perbukitan untuk waspada bila hujan deras mengguyur. Soalnya kata Dia, hampir seluruh tanah perbukitan yang ada di Kota Sibolga labil, sehingga mudah tergerus air hujan. “Bila perlu, mengungsi ke tempat aman untuk sementara waktu,” pungkasnya.

Hal senada disampaikan anggota DPRD Kota Sibolga, Irsan Wahyudi Simatupang, berharap kepada warga Sibolga yang berada di kaki atau pun punggung perbukitan untuk selalu waspada saat hujan melanda.

"Kita juga berharap warga waspada, dan bila perlu mengungsi ke tempat aman. Semisal ke rumah – rumah keluarga atau ke tempat aman yang selalu disediakan oleh Pemko Sibolga seperti kantor Kelurahan,” tuturnya.

Berdasarkan data prakiraan cuaca, hujan dengan kategori sedang akan melanda kota Sibolga hingga beberapa hari ke depan. Hujan cenderung akan terjadi pada hari menjelang malam.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3299 seconds (0.1#10.140)