Profauna Sebut Hutan Indonesia Tersisa 82 Juta Hektare

Sabtu, 19 September 2015 - 13:10 WIB
Profauna Sebut Hutan Indonesia Tersisa 82 Juta Hektare
Profauna Sebut Hutan Indonesia Tersisa 82 Juta Hektare
A A A
MALANG - Organisasi Protection of Forest & Fauna (Profauna) merilis luas hutan di Indonesia saat ini tersisa 82 juta hektare saja.

Profauna mendesak kebijakan tegas dari pemerintah dan partisipasi masyarakat untuk meredam laju deforestasi hutan yang menghebat.

Juru kampanye Profauna Swasti Prawidya Mukti mengajak masyarakat peduli terhadap hutan Indonesia yang semakin mengecil luasannya. Ajakan ini pun dikemas dalam aksi teaterikal di depan Balai Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (19/9/2015).

Kampanye peduli hutan ini menarik para pengguna jalan yang sedang melintas di Jalan Bundaran Tugu. Tampak lima orang wanita berdandan layaknya sebuah pohon.

Di sekitarnya ada tiga orang penebang hutan yang membawa gergaji mesin. Satu per satu pohon itu ditebang hingga habis.

"Ini simbol bahwa menebang hutan secara tidak langsung membunuh manusia secara perlahan," kata Swasti di sela-sela aksi.

Dalam kampanye ini, Profauna mengajak masyarakat untuk melakukan tindakan-tindakan kecil dalam kehidupan sehari-hari umtuk turut melestarilan hutan.

Salah satunya adalah dengan menghemat penggunaan kertas, mengurangu penggunaan produk sawit, dan tidak berburu satwa liar yang juga berfungsi menyebarkan biji tumbuhan di hutan.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7708 seconds (0.1#10.140)