Situs Majapahit di Tulungagung Dirusak Kakek Stres

Selasa, 15 September 2015 - 21:59 WIB
Situs Majapahit di Tulungagung Dirusak Kakek Stres
Situs Majapahit di Tulungagung Dirusak Kakek Stres
A A A
TULUNGAGUNG - Kepolisian Tulungagung menyelidiki aksi perusakan situs peninggalan Kerajaan Majapahit di Dusun Joho, Desa Ngampel, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung.

Sedikitnya ada 18 titik candi yang tersusun atas bata kuno. "Kami langsung melakukan penyelidikan setelah mendapat laporan dari juru kunci candi," ujar Kapolsek Kalidawir AKP M Ilyas, kepada wartawan, Selasa (15/9/2015).

Candi yang berlokasi di dataran rendah, sekitar kaki perbukitan Walikukun itu bernama Candi Ampel. Hingga kini, situs kerajaan Nusantara itu masih menjadi tempat pemujaan bagi umat agama Hindu.

Beberapa bata kuno, kata Ilyas, dilaporkan dalam keadaan pecah berantakan. Totalnya ada 18 bagian. Sedangkan di 11 titik lain, susunan bata telah bergeser. Namun, kerusakan tidak menyentuh tujuh umpak batu, yoni dan arca penjaga gerbang dwarapala.

Saiun (55), selaku juru kunci candi mengaku, pertama kali melihat kerusakan saat bersih-bersih. Kepada petugas, dia menyebut nama Sunarto (50), warga setempat sebagai pelaku perusakan. Hanya, saja belum diketahui apa motifnya.

"Saat ini kami masih meminta keterangan saksi di lapangan," terang Ilyas.

Usut punya usut, Sunarto memiliki riwayat sakit jiwa. Dia pernah dirawat di RSJ Porong, Lawang, Kabupaten Malang. Namun, hal itu tidak menghentikan penyelidikan.

Jika memang yang bersangkutan terbukti mengidap gangguan jiwa, kepolisian akan membawa kembali ke rumah sakit jiwa.

"Kami akan melakukan pemeriksaan. Jika tidak sakit jiwa, tentunya pelaku harus mempertanggungjawabkan perbuatannya secara hukum," pungkas Ilyas.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3015 seconds (0.1#10.140)