Demo Komunitas TKI Sumut Berlangsung Ricuh

Senin, 13 Juli 2015 - 15:59 WIB
Demo Komunitas TKI Sumut Berlangsung Ricuh
Demo Komunitas TKI Sumut Berlangsung Ricuh
A A A
MEDAN - Demo puluhan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Gedung Mandiri Jalan Zainul Arifin Medan, Senin siang (13/7/2015) berakhir ricuh.

Massa yang didominasi kaum ibu-ibu ini berusaha masuk ke dalam gedung sehingga terlibat aksi dorong dan adu mulut dengan petugas securiti.

Mereka berdemo untuk menjumpai perwakilan PT Omni Sarana Cipta yang mengurus biaya visa TKI yang akan berangkat ke Malaysia.

Aksi unjuk rasa komunitas TKI Sumut ini sempat membuat lumpuh aktivitas sejumlah perusahaan yang berada di Gedung Mandiri Medan.

Koordinator Komunitas TKI Sumut Edi, mengatakan pihaknya menuding PT Omni Sarana Cipta selaku pihak ketiga dari negara Malaysia yang mengurus biaya visa telah melakukan pungutan liar kepada calon TKI yang akan berangkat ke negeri jiran tersebut.

Biaya pengurusan visa yang sebelumnya sebesar Rp45.000 dinaikkan secara sepihak menjadi Rp885.000.

Hal tersebut dinilai memberatkan para calon tenaga kerja yang akan berangkat ke negara Malaysia dan tidak sesuai dengan janji pemerintah Indonesia yang akan mempermudah para TKI yang akan berangkat ke luar negeri.

"Komunitas TKI Sumatera Utara menuntut agar pemerintah Indonesia mengusut adanya pungutan liar biaya proses visa yang dilakukan oleh PT Omni Sarana Cipta, " kata Edi, Senin (13/7/2015).
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6717 seconds (0.1#10.140)