Masker Gel Pare Melembutkan dan Melembabkan Kulit Wajah

Sabtu, 11 Juli 2015 - 10:05 WIB
Masker Gel Pare Melembutkan dan Melembabkan Kulit Wajah
Masker Gel Pare Melembutkan dan Melembabkan Kulit Wajah
A A A
SEMARANG - Buah pare (Momordica charantia ) yang rasanya pahit itu ternyata bisa diolah menjadi masker gel antioksidan. Gel yang dihasilkan dapat melembabkan dan melembutkan kulit wajah, sehingga muka terlihat lebih cerah.

Masker gel dari buah pare ini ditemukan oleh tiga mahasiswi Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, yakni Endang Lusyana, Siti Rezki Amelia, dan Tri Rahayuningsih. Ketiganya melakukan penelitian di laboratorium kampus dengan membuat ekstrak pare kental. Ekstrak itu kemudian diuji aktivitas antioksidan atau mengetahui kemampuan bahan tersebut menghambat radikal bebas menggunakan spektro uv-vis.

“Buah pare memiliki rasa yang pahit dan biasa digunakan sebagai sayur. Karena rasanya pahit, banyak orang yang enggan mengonsumsinya. Padahal di satu sisi, pare memiliki banyak kandungan bermanfaat,” kata Endang kemarin. Kandungan pare yang bermanfaat antara lain albuminoid, senyawa yang memiliki manfaat menangkal radikal bebas.

Pare juga memiliki kandungan karbohidrat, flavonoid, senyawa fenolik, hidroxitriptamin, serta vitamin A, B, dan C. Buah pare tersebut kami olah menjadi masker gel untuk wajah karena memiliki kemampuan aktivitas antioksidannya. Tim mahasiswa tersebut membuat beberapa formula dengan konsentrasi ekstrak yang bervariasi, yaitu 0%, 0,295%, 0,590%, dan 1,180%.

Masker gel yang telah dibuat kemudian dilakukan pengamatan sifat fisik dan aktivitas antioksidannya selama 28 hari. Hasil pengamatan sifat fisik selama 28 hari didapatkan sifat fisik sediaan masker gel telah memenuhi syarat. “Masker gel yang dihasilkan dapat dikelupas seperti membran elastis dan memiliki pH yang memenuhi syarat sediaan topikal,” katanya.

Masker gel pare memiliki banyak manfaat di antaranya menutrisi kulit, menghaluskan kulit, mencerahkan warna kulit, melembabkan dan melembutkan kulit. Selain itu, juga mengecilkan pori-pori, membersihkan pori-pori kulit wajah yang tersumbat kotoran, dan menyegarkan wajah karena akan memberi efek rileks otot-otot wajah. Penelitian ketiga mahasiswa Unnisula lolos seleksi dan didanai dari Dirjen Dikti.

“Kami berharap penelitian kami dapat bermanfaat bagi masyarakat, praktisi maupun akademisi, sehingga mengetahui bahwa buah pare yang rasanya pahit dan hanya digunakan sebagai makanan ternyata memiliki khasiat dan kandungan aktivitas antioksidan yang dapat dimanfaatkan sebagai kosmetik terutama bentuk masker gel yang dapat menghambat radikal bebas,” kata Endang .

Susilo Himawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5064 seconds (0.1#10.140)