Polisi Sita Puluhan Ribu Petasan dan 18 Kg Mesiu

Rabu, 08 Juli 2015 - 04:03 WIB
Polisi Sita Puluhan Ribu Petasan dan 18 Kg Mesiu
Polisi Sita Puluhan Ribu Petasan dan 18 Kg Mesiu
A A A
CILACAP - Jajaran Polsek Adipala Cilacap menyita puluhan ribu mercon berdaya ledak tinggi usai menggerebek sejumlah pedagang petasan.

Puluhan ribu petasan yang disita berbagai jenis dan ukuran yakni petasan renteng, leo serta petasan cabe rawit. Bahkan, sejumlah petasan yang berukuran cukup besar dengan daya ledak cukup tinggi juga diamankan polisi.

Petasan berukuran cukup besar ini disita polisi saat akan diledakan oleh warga di sejumlah lokasi. Selain puluhan ribu petasan, polisi juga menyita sebanyak 18 kilogram mesiu, bahan pembuat petasan.

Belasan kilogram mesiu ini diamankan polisi dari dua pedagang petasan yakni Margiyanto dan Sudiyono warga Desa Wlahar, Kecamatan Adipala.

Belasan kilogram mesiu ini telah dikemas dalam ratusan bungkus plastik dan akan dijual sebagai bahan baku pembuatan mercon.

Kapolsek Adipala, AKP Bambang Ismanto mengatakan, penggerebekan pedagang petasan ini berkat laporan dari masyarkat yang resah akan maraknya peredaran petasan saat bulan puasa ini. Selain meresahkan warga, petasan berdaya ledak tinggi ini sangat berbahaya.

“Pada puasa sebelumnya, petasan berukuran besar ini telah menimbulkan korban seorang warga meninggal karena terkena ledakan petasan yang cukup besar. Memang warga di sekitar sini gemar menyulut petasan saat bulan puasa. Kita akan terus melakukan razia petasan guna mencegah adanya korban jiwa, ” kata Bambang Ismanto, Selasa (7/7/2015).

Untuk selanjutnya polisi akan memusnahkan puluhan ribu petasan dan mesiu ini. Sementara dua orang pedagang petasan saat ini sedang menjalani pemeriksaan, guna mengusut pemasok petasan dan mesiu ini.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6301 seconds (0.1#10.140)