Gunung Raung Siaga, BNPB dan Pemda Gelar Rakor

Selasa, 07 Juli 2015 - 17:34 WIB
Gunung Raung Siaga, BNPB dan Pemda Gelar Rakor
Gunung Raung Siaga, BNPB dan Pemda Gelar Rakor
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus melakukan antisipasi terkait peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Raung di Jawa Timur.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan unsur lainnya melakukan Rakor Kesiapsiagaan Menghadapi Erupsi Gunung Raung di Bondowoso, Selasa (7/7/2015).

Kepala BNPB Syamsul Maarif mengatakan belum ada anomali terkait letusan Gunung Raung.

"Ikuti semua rekomendasi PVMBG. Jika radius hanya 3 km, jangan dibuat 20 km. Itu sama saja membuat cemas masyarakat," kata Syamsul seperti tertuang dalam rilis yang dikirimkan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Selasa (7/7/2015).

Kepala BNPB mengapresiasi Pemda Kabupaten Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, dan Jember yang telah melaksanakan persiapan dengan baik.

Di Kabupaten Bondowoso, daerah yang terdampak adalah Kecamatan Sumber Waringin dan Kecamatan Tlogosari dan ada 11 dusun terdampak. Kekurangan yang dibutuhkan adalah akses perbaikan jalur evakuasi, penambahan kendaraan evakuasi pengungsi, dan alat komunikasi.

Pemda Jember mencanangkan status Siaga Darurat. Wilayah terdampak adalah Desa Jamber Arum Kecamatan Sumberjamber, di Desa Slateng, Sumbersalak, Sumberbulus, Sumberlesung Kecamatan Ledokombo, dan di Desa Sumberjati, Sidomulyo, Garahan, Sempolan Kecamatan Silo. Dari tiga kecamatan yang terdampak langsung dan desa yang dimaksud terdapat 19.598 jiwa.

Syamsul Maarif juga menyatakan dalam waktu dekat ini akan ada pelatihan Table Top Exercise/Gladi Peta, sebelum latihan lapangan yang mengerahkan masyarakat. Latihan mengacu pada dokumen rencana kontijensi berdasarkan riwayat erupsi Gunung Raung pada tahun 1953 dan 1956, yang saat itu meletus besar.

PILIHAN:
Warga Dilarang Beraktivitas di Radius 3 Km dari Kawah Gunung Raung
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9049 seconds (0.1#10.140)