Bersihkan Sumur, Dua Warga di Demak Tewas

Minggu, 24 Mei 2015 - 20:25 WIB
Bersihkan Sumur, Dua Warga di Demak Tewas
Bersihkan Sumur, Dua Warga di Demak Tewas
A A A
DEMAK - Dua pekerja tewas saat menguras sumur milik Siam, warga RT 1/RW3, Pulosari, Karang Tengah, Kabupaten Demak, Minggu (24/5/2015). Jenazah keduanya berhasil dievakuasi petugas Basarnas Kantor SAR Semarang.

Masing-masing korban Suwarto (40), warga Dukuh Keliling, RT 1/RW 3, Pulosari, Karang Tengah, Demak dan Ahmad Siswo (34),warga Bonang, Demak.

Humas Basarnas Kantor SAR Semarang Aris Triyono, menyebutkan menurut keterangan warga, dua korban diminta tolong oleh warga untuk membersihkan beberapa sumur. Insiden yang terjadi sekitar pukul 12.00 WIB itu, di lokasi sumur kedua.

"Korban Suwarto pertama kali turun ke sumur. Tapi tidak lama, dia teriak minta tolong karena sesak nafas," katanya, Minggu (24/5/2015) malam.

Mendengar teriakan, Ahmad Siswo segera turun ke sumur. Niatnya, ingin menyelamatkan temannya. Dia turun membawa tali. Tapi tidak lama, Ahmad Siswo ikut tewas karena kehabisan nafas. Dugaannya, ada gas beracun di sumur itu.

Insiden ini sempat dilaporkan kepolisian setempat. Namun, karena TKP yang membahayakan, polisi akhirnya meminta tolong beberapa pihak, termasuk kantor SAR Semarang. "Karena evakuasi seperti ini harus menggunakan peralatan memadai," tambah Aris.

Komandan tim Rescue Basarnas Kantor SAR Semarang Nyoto Purwanto, menyebutkan evakuasi menggunakan teknik vertical rescue. Selain itu, BPBD dan warga sempat menggunakan tangga dari bambu untuk turun dibantu pompa air. Satu korban berhasil diangkat.

"Kemudian satu personel Basarnas turun, dilengkapi tabung ESCBA. Kandungan gas dalam sumur sudah disedot blower. Saat rescuer turun, mengikatkan tali ke tubuh korban dan dievakuasi," kata dia.

Dua jenazah akhirnya bisa terangkat semua. Jenazah kemudian diserahkan ke otoritas setempat untuk proses selanjutnya. Tim SAR gabungan yang terlibat terdiri Basarnas Kantor SAR Semarang, Polsek Karang Tengah, Koramil Karang Tengah, BPBD Demak, PMI dan warga sekitar.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6736 seconds (0.1#10.140)