Penyambutan Mahasiswa Baru UMS Secara Daring Pecahkan Rekor MURI

Senin, 13 Juli 2020 - 13:12 WIB
loading...
Penyambutan Mahasiswa Baru UMS Secara Daring Pecahkan Rekor MURI
Rektor UMS Solo Profesor Sofyan Anif saat menerima rekor MURI dalam acara penyambutan mahasiswa baru, Senin (13/7/2020). Foto: SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo
A A A
SOLO - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Solo menggelar penyambutan mahasiswa baru secara daring, Senin (13/7/2020). Penyambutan di tengah pandemi wabah corona virus (COVID-19) merupakan pertama kali dan terbanyak, sekaligus memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

UMS merupakan perguruan tinggi pertama yang melakukan penyambutan mahasiswa baru secara daring dengan melibatkan 4.734 mahasiswa baru.

"Kegiatan ini resmi kami catat dalam MURI sebagai rekor yang ke 9.542. ini kategori yang pertama karena belum ada universitas lain yang melaksanakan," kata Senior Manager MURI Sri Widayati di Kampus UMS Solo, Senin (13/7/2020).

Untuk tercatat dalam rekor MURI harus memenuhi empat kreteria, yakni paling, pertama, unik dan langka. Kriteria tersebut bisa saling keterkaitan atau berdiri sendiri. seperti di UMS adalah yang pertama dan terbanyak.

Rektor UMS Solo Profesor Sofyan Anif mengungkapkan, para mahasiswa sebenarnya ingin segera masuk ke kampus. Hanya saja sejauh ini belum bisa mengingat masih dalam situasi wabah pendemi corona virus (COVID-19).

Saat normal, penyambutan mahasiswa baru dilaksanakan di bulan Agustus. "Namun saat ini diajukan karena kami sudah merima sekitar 5.000 mahasiswa," ungkap Sofyan Anif.

Sedangkan dalam MURI hanya dicatat sekitar 4.700 mahasiswa baru mengingat di beberapa daerah Indonesia timur masih kesulitan jaringan internet. Sehingga mereka tidak bisa mengikuti acara penyambutan secara online.

Sesuai jadwal akademik, pembelajaran dimulai September 2020. Namun karena masih pandemi COVID-19 maka dilakukan secara daring.

"Kami dengan sistem blended, tahap pertama 50 persen daring dulu, setelah 2-3 bulan nanti baru masuk yang offline atau luring," bebernya.(Baca juga : Cerita Wisudawan UNS saat Wisuda Luring dan Daring Secara Drive Thru )

Sehingga pembelajaran offline diperkirakan berlangsung November 2020. Sebab sesuai ketentuan, pembelajaran satu mata kuliah nomenklatur untuk sekian persen harus ketemu. Seperti mata kuliah yang membutuhkan pembelajaran di laboratorium, kedokteran, farmasi, ilmu kesehatan, fisioterapi.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)