Nama Ridho Ficardo Mencuat di Tengah Isu Reshuffle Kabinet, Pengamat: Mantan Gubernur Punya Potensi

Senin, 02 Januari 2023 - 15:47 WIB
loading...
Nama Ridho Ficardo Mencuat di Tengah Isu Reshuffle Kabinet, Pengamat: Mantan Gubernur Punya Potensi
Mantan Gubernur Lampung Ridho Ficardo juga dinilai berpotensi mengisi salah satu menteri yang mungkin diresuffle. (Ist)
A A A
LAMPUNG - Santernya isu reshuffle yang mencuat kembali, memunculkan sejumlah nama untuk masuk kabinet. Setelah TGB Muhammad Zainul Majid sempat muncul, kini nama mantan Gubernur Lampung Ridho Ficardo juga dinilai berpotensi mengisi salah satu menteri yang mungkin diresuffle.

Sosiolog Universitas Islam Negeri Jakarta, Saifudin Asrori, menyebutkan bahwa mantan gubernur merupakan sosok yang bisa dipertimbangkan untuk menjadi menteri.

Pengalaman memimpin provinsi yang mempunyai wilayah luas, penduduk banyak dan masalah kompleks merupakan modal penting yang bisa dimanfaatkan saat ditunjuk menjadi Menteri.

“Semua gubernur, terutama mereka yang saat memimpin mempunyai prestasi dan tidak meninggalkan masalah saat selesai menjabat bisa dipertimbangkan untuk menduduki jabatan menteri oleh presiden Jokowi,” jelas Iput, panggilan akrab Saifudin Asrori.

Saat ditanya media terkait Ridho, Iput menyebut bahwa secara personal dia tidak mengenal mantan Gubernur Lampung tersebut. Namun Iput juga menilai bahwa selama ini tidak mendengar nilai negatif pada Ridho ketika menjadi gubernur yang bisa menghambatnya menjadi menteri.

“Presiden Jokowi tentunya pernah bekerja sama dengan banyak gubernur dan mantan gubernur, termasuk dengan Ridho. Karena saat Ridho menjabat gubernur periode 2014-2019, Jokowi juga telah menjabat sebagai presiden,” jelas Iput.

Baca: Petugas Tidur, 7 Tahanan Polres Pasuruan Kabur saat Tahun Baru 2023.

Walau pun pernah menjadi ketua Demokrat Lampung, Ridho sudah lama mengundurkan diri sebagai kader partai berlambang Mercy tersebut. Sehingga Jokowi tidak akan mempunyai beban jika mengangkat Ridho.

Saat ini memang santer terdengat Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle beberapa menteri.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4031 seconds (0.1#10.140)