Siasat Serangan Balik Kerajaan Majapahit Pukul Mundur Puluhan Ribu Tentara Mongol

Jum'at, 30 Desember 2022 - 07:20 WIB
loading...
Siasat Serangan Balik Kerajaan Majapahit Pukul Mundur Puluhan Ribu Tentara Mongol
Siasat serangan balik Kerajaan Majapahit berhasil pukul mundur puluhan ribu tentara Mongol. Foto: Ilustrasi
A A A
PULUHAN ribu tentara mongol larut dalam pesta kemenangan usai perang menghancurkan Kerajaan Kediri . Mereka tak menyangka pesta besar-besaran itulah yang membinasakan mereka.

Sebelum serangan balik itu, Raden Wijaya bersama sisa kekuatan pasukan Kerajaan Singsari juga ikut berpesta sambil menunggu waktu yang tepat untuk menyerang.

Dalam buku "Sandyakala di Timur Jawa : 1042 - 1527 M" dari tulisan Prasetya Ramadhan, dikisahkan bahwa Raden Wijaya kembali ke Tarik, yang saat itu dihuni pasukan tentara Mongol. Raden Wijaya berhasil membunuh 200 orang prajurit Mongol yang mengawalnya ke Majapahit.

Baca juga: Kerajaan Majapahit, Dibentengi Gapura Megah dengan Alun-alun yang Dikelilingi Jalur Air Pengendali Banjir

Penumpasan pertama rombongan Mongol itu dilakukan oleh Sora dan Ronggolawe, dua panglima perang Majapahit yang merupakan paman dan keponakannya.

Rombongan terus bergerak untuk menghabisi pasukan Mongol, yang saat itu tengah dilanda pesta mabuk kemenangan. Raden Wijaya membawa pasukan yang lebih besar menggerakkan pasukannya menuju kamp utama pasukan Mongol dan melancarkan serangan tiba-tiba.



Raden Wijaya berhasil membunuh banyak prajurit Mongol, sedangkan sisanya berlari ke kapal mereka. Setelah mencapai sebuah candi, tentara Mongol disergap oleh tentara Jawa yang telah menunggu.

Sementara di pantai, armada pasukan Jawa yang dipimpin Rakryan Mantri Arya Ardikara menghancurkan sejumlah kapal Mongol. Pasukan Mongol mundur secara kacau karena angin muson yang dapat membawa mereka pulang akan segera berakhir, sehingga mereka terancam terjebak di Pulau Jawa untuk enam bulan berikutnya. Setelah semua pasukan naik ke kapal di pesisir, mereka bertarung di laut dengan armada Jawa.

Baca juga:: Nestapa Lembu Sora Mati sebagai Pemberontak Kerajaan Majapahit
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1906 seconds (11.210#12.26)