Detik-detik Tabrakan Kapal di Pulau Cempedak, Ratusan Penumpang Panik

Selasa, 27 Desember 2022 - 21:32 WIB
loading...
Detik-detik Tabrakan Kapal di Pulau Cempedak, Ratusan Penumpang Panik
Ratusan penumpang Kapal Uki Raya 23 mendadak panik saat kapal yang mereka tumpangi bertabrakan dengan kapal tongkang di Pulau Cempedak. Foto: tangkapan layar
A A A
KENDARI - Suasana mencekam dan panik terekam kamera ponsel penumpang saat kapal Uki Raya 23 bermuatan ratusan orang menabrak kapal tongkang yang membawa Ore Nikel di Perairan Pulau Cempedak, Kabupaten Konawe Selatan , Sulawesi Tenggara, Selasa dini hari (27/12/2022).

Dalam rekaman tersebut, ratusan penumpang panik dan berlomba untuk memakai jaket keselamatan.

Inilah detik-detik kepanikan ratusan penumpang Kapal Uki Raya 23 saat terjadi benturan keras akibat tabrakan dengan kapal tongkang bermuatan ore nikel di Perairan Pulau Cempedak, Konawe Selatan, Selasa dini hari tadi.



Dalam video yang sempat diabadikan seorang penumpang terlihat para penumpang berlomba memakai jaket keselamatan yang berada di dalam kapal.

Akibat tabrakan tersebut lambung kiri kapal penumpang Uki Raya 23 mengalami bocor pada bagian atas dan bawah, beruntung air tidak sampai masuk ke dalam lambung kapal sehingga seluruh penumpang yang jumlahnya mencapai 272 orang dapat tiba dengan selamat hingga ke Pelabuhan Pangkalan Perahu di Kendari.



Atas peristiwa tersebut, Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan Kendari (KSOP) memanggil dan melakukan pemeriksaan terhadap nahkoda kapal Uki Raya 23, sementara kapal tongkang hingga kini belum dapat teridentifikasi.

Berdasarkan keterangan nahkoda kapal penumpang Uki Raya 23, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 02.00 WIB dini hari, Selasa (27/12/2022). “Tabrakan disebabkan kapal tongkang bermuatan ore nikel, tidak memiliki penerangan atau tidak menyalakan lampu ditambah lagi cuaca yang kurang bersahabat mengakibatkan tubrukan kapal tak dapat terhindarkan,” kata Nahkoda Uki Raya 23, Munir Salam.


Sementara itu, Kasi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli KSOP Kendari, Heri Wiyanto mengaku, telah melakukan pemeriksaan terhadap nahkoda kapal Uki Raya 23 dan memeriksa beberapa saksi lainya untuk mengetahui pasti penyebab tubrukan kapal tersebut.

“KSOP Kendari saat ini tengah berkoordinasi dengan seluruh kantor UPT di wilayah Sulawesi Tenggara untuk mengidentifikasi kapal tongkang yang melakuan pelayaran di malam hari tanpa disertai alat penerangan,” ungkapnya.

Diketahui kapal penumpang Uki Raya 23 yang membawa 272 penumpang bertolak dari Pelabuhan Raha menuju Kota Kendari, namun saat melintas di Perairan Pulau Cempedak, kapal tersebut menabrak kapal tongkang bermuatan ore nikel yang membuat penumpang panik.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2367 seconds (0.1#10.140)