Peringatan Pokoso Ke-91 di Solo, Prajurit Keraton Bakal Direkrut Jadi Komponen Cadangan

Sabtu, 24 Desember 2022 - 17:46 WIB
loading...
Peringatan Pokoso Ke-91 di Solo, Prajurit Keraton Bakal Direkrut Jadi Komponen Cadangan
Puncak peringatan Ke-91 Pokoso 2022 di Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta diikuti oleh 1.800 abdi dari seluruh Keraton Nusantara. Foto/MPI/R August
A A A
SOLO - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) menginginkan para prajurit keraton di seluruh Indonesia terlibat menjadi komponen cadangan dalam urusan pertahanan negara.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Brigjen Pol R Ahmad Nurwakhid setelah mengisi seminar dalam rangka perayaan ulang tahun Ke-91 Paguyuban Kawula Keraton Surakarta (Pokoso) di Pagelaran Keraton Surakarta, Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (24/12/2022).


Dia mengatakan, jika pihaknya ingin agar para prajurit keraton di seluruh Indonesia terlibat sebagai komponen cadangan dalam urusan pertahanan negara sesuai dengan UU No 23 tahun 2019.

"Kalau saya dari Kementerian Pertahanan bekerjasama dengan Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) lebih ke arah sosialisasi tentang pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk pertahanan negara," ujarnya.

Kehadiran perwakilan BNPT di Keraton Kasunanan Surakarta (Keraton Solo) juga menjadi salah satu upaya untuk merekrut para prajurit agar mau berpartisipasi sebagai komponen cadangan dalam pertahanan negara.

"Sebagai salah satu pemelihara budaya mereka harus diajak, dirangkul dan ikut serta dalam kepentingan yang lebih besar, yakni bagi kepentingan yang pertahanan negara," ujar Ahmad Nurwakhid.


Menurut dia, para prajurit keraton merupakan garda terdepan dalam mempertahankan keamanan negara sejak lahirnya Indonesia.

"Beliau-beliau (para prajurit) ini lah garda terdepan sejak Indonesia merdeka," beber dia.

Ahmad Nurwakhid berharap, agar komponen yang ada di Keraton menjadi komponen cadangan. Sehingga rasa bangga bela negara rasa memiliki cinta tanah air bisa tumbuh lebih besar.

Selain itu, dia juga mengimbau kepada para generasi muda secara umum agar juga terlibat dalam kegiatan mempertahankan keamanan negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1939 seconds (0.1#10.140)