1.800 Abdi Dalem Keraton Seluruh Nusantara Ikuti Peringatan Pokoso Ke-91

Sabtu, 24 Desember 2022 - 17:23 WIB
loading...
1.800 Abdi Dalem Keraton Seluruh Nusantara Ikuti Peringatan Pokoso Ke-91
Puncak peringatan Ke-91 Pokoso 2022 di Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta diikuti oleh 1.800 abdi dari seluruh Keraton Nusantara. Foto/MPI/R August
A A A
SOLO - Puncak peringatan Ke-91 Paguyuban Kawula Keraton Surakarta (Pokoso) 2022 di Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta diikuti oleh 1.800 abdi dari seluruh Keraton Nusantara.

Kerabat Keraton Surakarta GKR. Ayu Koes Indriyah mengungkapkan bahwa peringatan Ke-91 Pokoso menjadi hal yang positif untuk budaya khususnya Keraton Surakarta.


"Jadi suatu hal yang sangat bagus bagi budaya Jawa khususnya Keraton Surakarta. Karena anak-anak muda sekarang hanya bisa menyaksikan tapi kurang bisa memaknai bahwa ini adalah sebuah pelestarian yang harus dilakukan secara terus-menerus tidak bisa putus dari generasi ke generasi," kata kader Partai Perindo ini, Sabtu (24/12/2022).

Sementara Wakil Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta (Keraton Solo), KP Eddy S Wirabhumi mengatakan, perayaan ulang tahun tahun ini dikemas dengan bentuk ekonomi kreatif.

"Ini selama 8 hari digelar seni budaya dan kesenian rakyat. Hari ini adalah puncaknya," ujarnya.

Perayaan puncak dibuka dengan kirab budaya yang dimulai dari Pamedan Pura Mangkunegaran hingga Pagelaran Keraton Surakarta.



Acara kemudian dilanjutkan dengan seminar Nasional tentang ketahanan negara dengan Narasumber, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Komjen Pol Boy Rafli Amar.

Selain itu, juga ada beberapa produk ekonomi kreatif yang dipamerkan selama 10 hari di pelataran Pagelaran.

"Kemudian ada dari keraton seluruh Nusantara. Hari ini yang hadir 12 kerajaan. Yang rajanya hadir 6, Sumedang, Larang, Rote, Sekacau, Cirebon dan Paser," ungkap Edi.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1927 seconds (0.1#10.140)