Infrastruktur yang Dibangun Jokowi Dinilai Bawa Optimisme Ekonomi

Kamis, 22 Desember 2022 - 17:17 WIB
loading...
Infrastruktur yang Dibangun Jokowi Dinilai Bawa Optimisme Ekonomi
Pembangunan infrastruktur yang dibangun oleh pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dinilai membawa optimisme ekonomi. (Ist)
A A A
MAKASSAR - Pembangunan infrastruktur yang dibangun oleh pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dinilai membawa optimisme ekonomi. Pasalnya, infrastruktur membuka multiflyer effect pada berbagai sektor lainnya.

Akademisi Universitas Hasanudin (Unhas) Kota Makssar, Dr Sawedi Muhammad mengakui bahwa infrastruktur yang dibangun Presiden Joko Widodo di daerah sangat efektif. Ia mencontohkan gagasan Jokowi terkait proyek infrastruktur kereta trans Sulawesi yang mendorong banyak hal positif bagi masyarakat.

“Kita optimis infrastruktur-infrastruktur yang dibangun Pemerintah (Jokowi) saat ini bisa berdampak positif. Misalnya dengan terserapnya ribuan lapangan kerja, kemudian jual beli barang logistik semakin lancar,” kata Sawedi.

Sawedi menyontohkan pembangunan salah satunya jalur kereta api trans Sulawesi membuat ongkos transportasi masyarakat menjadi lebih ringan. Selain itu, hadirnya proyek tersebut juga bakal berdampak pada pengurangan konsumsi fosil oil.

“Infrastruktur kereta di Sulsel yang dibangun pemerintah (Jokowi) sangat efektif, karena di satu sisi itu akan mengurangi konsumsi fosil oil. Kemudian di sisi lain ongkos transportasi baik logistik maupun penumpang itu akan lebih murah dan efisien,” ujar Sawedi.

Sawedi melihat pembangunan infrastruktur Jokowi masif dihadirkan di seluruh daerah. Hal tersebut berhasil menarik investor untuk masuk sehingga dapat menciptakan penyerapan lapangan kerja untuk masyarakat.

Baca: Lonjakan Pemudik Nataru, Tol Tebing Tinggi-Indrapura Jadi Jalur Alternatif.

Selain itu, pemerataan infrastruktur juga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat karena angka kemiskinan dapat dipangkas. Infrastruktur juga mendorong terkikisnya kesenjangan sosial antar daerah.

“Kita akui pemerataan infrastruktur bisa memiliki multiplier effect positif terhadap pengurangan angka kemiskinan, kesenjangan sosial dan lain sebagainya. Kita apresiasi kinerja pemerintah,” terang Sawedi.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2119 seconds (0.1#10.140)