Berpura-pura hendak Salat, Pria di Kolut Kuras Isi 2 Kotak Amal Masjid

Kamis, 22 Desember 2022 - 14:54 WIB
loading...
Berpura-pura hendak Salat, Pria di Kolut Kuras Isi 2 Kotak Amal Masjid
Berpura-pura hendak salat, pria di Kolut kuras isi 2 kotak amal masjid. Foto ilustrasi
A A A
KOLAKA UTARA - Seorang pria di Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara yang identitasnya belum diketahui menguras habis isi dua kotak amal masjid. Peristiwa itu terjadi di Masjid Raya Nurul Iman di Desa Tojabi, Kecamatan Lasusua, Kolut, Rabu (21/22/2022), pukul 13.10 Wita.



Kepala Desa Tojabi, Sukirman mengatakan, pencurian tersebut diketahui setelah pengurus masjid mengecek CCTV pukul 13.10 Wita. "Pura-pura hendak shalat. Tetapi dilihatnya sunyi jadi dia hanya berdiri-berdiri di balik tiang memantau keadaan," ujar Sukirman, Kamis (22/12/2022).

Sukirman mengatakan, kotak amal itu dibuka hanya sekali dalam sepekan (Jumat) oleh pengurus masjid untuk mengetahui jumlah rupiah yang ada di dalamnya. Nilainya rata-rata lebih dari Rp2 juta sekali bongkar. "Keduanya dikuras hingga kosong," bebernya.

Dalam rekaman CCTV yang berdurasi 1,5 menit tersebut, pelaku datang mengendarai motor matic kuning dengan mengenakan jaket jeans biru muda. Ia kemudian ke tempat wudhu dan langsung masuk ruangan masjid.

Saat masuk ruangan, ia tidak shalat dan hanya berdiri di tiang masjid memantau keadaan. Setelah ia pastikan aman, kedua kotak amal itu diangkatnya ke tepi dinding bangunan dan dieksekusi menggunakan sebuah obeng. "Gembok dicongkel. Orangnya berkumis," tuturnya.

Usai beraksi, pelaku langsung bergegas meninggalkan masjid. Ia telah menyampaikan ke para pengurus masjid di desanya agar tidak lagi menyimpan isi kotak amal usai melakukan ibadah.

"Habis shalat ambil uangnya. Jangan menyimpan lagi untuk memberi peluang pencurinya. Kejadian ini sementara akan dilaporkan ke polisi," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)