Gandeng Perancang IKN, Astra Land Siap Pertahankan Ekologi Kawasan

Kamis, 15 Desember 2022 - 17:17 WIB
loading...
Gandeng Perancang IKN, Astra Land Siap Pertahankan Ekologi Kawasan
Berdiri sejak 2014, Urban+ selama ini dikenal sebagi studio desain yang berfokus pada urban design, planning, arsitektur, dan landscape. (Ist)
A A A
SERANG - Astra Land Indonesia resmi menggandeng Urban+ dan Siura untuk merancang projek township terbaru. Urban+ adalah pemenang desain ibu kota negara (IKN) baru di Kaltim.

Berdiri sejak 2014, Urban+ selama ini dikenal sebagi studio desain yang berfokus pada urban design, planning, arsitektur, dan landscape.

“Kolaborasi ini kami harapkan dapat menghadirkan hunian yang benar-benar mampu meningkatkan kualitas hidup penghuni, bukan sekadar menjadi tempat berteduh dan beristirahat, tapi juga dapat menjadi tempat bertumbuh yang ideal bagi keluarga. Ini adalah sebuah kawasan residensial yang akan menjadi living standar baru di daerah Tangerang Banten,” kata Presiden Direktur Astra Land Indonesia Wibowo Muljono, Kamis (15/12/2022).

Dengan kehadiran Urban+ dan Siura, Astra Land menilai, proyek ini sangat layak untuk ditunggu para calon konsumen. Dengan nilai pengembangan proyek sebesar Rp 6 triliun, pembangunan township ini akan berlangsung selama 12 tahun dengan persiapan pengerjaan dimulai akhir tahun 2022.

Seirama dengan Wibowo, Sibarani Sofian, founder & principal of Urban+, menambahkan konsep yang ditawarkan pada township terbaru Astra Land Indonesia akan lebih dari sekadar rumah tinggal. Masterplan yang dihadirkan memiliki visi untuk menjadikan hunian sebagai tempat yang tepat untuk membangun keluarga, untuk merayakan kehidupan, dan juga untuk menjalin cerita.

“Untuk itu kawasan residensial direncanakan agar dapat menunjang kehidupan yang dekat dengan alam, aktif, dan sehat. Konsep hijaunya terwujudkan melalui ruang terbuka hijau yang memadai dan berkarakter, mulai dari ruang terbuka yang berada di sekitar rumah hingga taman menerus yang menghubungkan seluruh cluster menjadi satu kesatuan utuh,” jelas Sibarani.

Sibarani memaparkan, kawasan residensial ini juga direncanakan untuk memiliki sarana dan prasarana yang lengkap di skala yang tepat, serta dilengkapi dengan fasilitas komersial untuk menunjang aktivitas dan kehidupan sosial warganya. Sebab, selain kedekatan dengan alam, hidup dalam komunitas yang baik dapat menunjang kualitas hidup.

“Konsep tersebut disesuaikan dengan standar kebutuhan dewasa ini, baik dari generasi yang lebih muda, eksekutif dari kawasan sekitar, hingga generasi yang sudah lebih mapan, terutama generasi yang lebih muda.

Sebab, mereka sangat dekat dengan teknologi, dapat bekerja di mana saja, dan di saat yang bersamaan juga memerlukan lingkungan hidup yang bersih, menawarkan pengalaman yang unik, serta baik secara ekologis,” kata dia.

Di satu sisi, konsep yang akan dihadirkan Astra Land Indonesia juga akan diperkuat oleh Siura, yang akan merancang desain lanskap kawasan dengan konsep eco-forest yang selaras dengan prinsip kelestarian lingkungan hidup, agar terciptanya ruang hidup yang baik tidak hanya bagi penghuni, tetapi juga untuk berbagai makhluk hidup lainnya.

“Hal ini terefleksikan dalam perencanaan yang berorientasi ekologis dengan mengaplikasikan tiga prinsip utama, yaitu peningkatan kualitas ekologi kawasan, manajemen dan konservasi air yang berorientasi ramah lingkungan, dan penyediaan ruang sosial bagi masyarakat dengan konektivitas pedestrian dan program rekreasi ruang luar yang komprehensif,” kata founder dan principal Siura Anton Siura.

Alhasil, menurut Anton, residensial ini akan mampu menghadirkan kawasan perumahan yang hijau dan asri dengan dikelilingi oleh vegetasi yang indah dan meneduhkan. Konsep eco-living yang diambil memiliki kedekatan dengan alam dan air, karena memakai pendekatan water sensitive urban design dan ecological sustainability.

“Rencananya kami akan mulai meluncurkan klister pertama dari projek ini kuartal IV-2023. Astra land Indonesia sangat serius mengelola pengembangan ini sehingga kami harapkan nantinya dapat menjadi game changer di area Tangerang,” tegas Wibowo.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)