Lulus SPN, Anak Nelayan dan Petani Raih Penghargaan Terbaik

Rabu, 21 Desember 2022 - 17:25 WIB
loading...
Lulus SPN, Anak Nelayan dan Petani Raih Penghargaan Terbaik
Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan saat melantik 187 siswa yang resmi menjadi anggota Polri di lapangan SPN Selopamioro Polda DIY, Rabu (21/12/2022).
A A A
JOGJAKARTA - Tiga siswa bintara remaja lulus dan menjadi yang terbaik Sekolah Polisi Negara (SPN) . Ketiganya pun mendapat penghargaan dari Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Irjen Pol Suwondo Nainggolan.

Penghargaan Siswa Terbaik dan Trengginas (juara umum) diberikan kepada Bripda Exsan Khawirian dari Polres Gunungkidul. Exsan merupakan putra dari Tugiyat, yang berprofesi sebagai nelayan.

Berikutnya adalah penghargaan siswa cendikia yang diberikan kepada Bripda Picto Bayu Pramono dari Polres Sleman. Picto adalah putra dari Slamet yang kesehariannya sebagai petani.

Penghargaan ketiga diberikan kepada Bripda Rahmad Baharudin sebagai Siswa Tertabah. Rahmad berasal dari keluarga petani yang berasal dari pengiriman Polres Gunungkidul.

"Jaga nama baik Polri dan junjung tinggi panji-panji Tribrata," kata Suwondo saat melantik 187 siswa yang resmi menjadi anggota Polri di lapangan SPN Selopamioro Polda DIY, Rabu (21/12/2022).

Panas terik langit biru tak berawan, seolah turut memberikan semangat kepada bintara remaja yang baru saja dilantik. Kehadiran orang tua dan keluarga juga memberikan semangat yang luar biasa. Momentum ini sekaligus perjumpaan pertama orang tua dan keluarga dengan polisi muda ini.

Selama masa pendidikan yang dimulai sejak 25 Juli 2022 sampai hari pelantikan, para siswa tidak diberikan kesempatan libur. Langkah ini sebagai latihan agar mereka siap bertugas di seluruh wilayah Indonesia.

Di masa pendidikan, mereka dibekali ilmu teknis kepolisian yang akan mendukung pelaksanaan tugas terutama dalam melaksanakan tugas pokok yakni melindungi, melayani, mengayomi dan penegakan hukum. Seperti halnya peragaan yang ditampilkan setelah upacara, olah beladiri yang diperlukan dalam rangka melindungi masyarakat dari ancaman dan gangguan kriminalitas.

"Selanjutnya perkuat sinergitas dengan stakeholder yang ada dan kembangkan diri untuk menghadapi perkembangan situasi saat ini. Jadilah sosok panutan dan teladan bagi masyarakat," tutur Suwondo memberikan wejangan.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto menambahkan dari 187 siswa yang dilantik, sebanyak 169 orang akan bertugas sebagai polisi tugas umum. Sedangkan 10 bintara memiliki kompetensi khusus.

Ke10 bintara remaja tersebut memiliki kompetensi musik (2 orang), teknologi informatika (2), logistik (1), kompetensi laboratorium forensik (4)empat orang, dan tenaga kesehatan satu orang. "Selain itu delapan bintara rekrutmen proaktif yang memiliki prestasi di tingkat Nasional," ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1260 seconds (0.1#10.140)