Komitmen Lestarikan Adat dan Budaya Bali, Mobil Ngayah Perindo Ikut Upacara Dewa Yadnya

Selasa, 20 Desember 2022 - 23:44 WIB
loading...
Komitmen Lestarikan Adat dan Budaya Bali, Mobil Ngayah Perindo Ikut Upacara Dewa Yadnya
Mobil Ngayah Perindo saat ikut hadir dalam upacara Dewa Yadnya di Desa Taman Bangli Bali, Selasa (20/12/2022). Foto: iNewsTV/Ketut Catur Kusumaningrat
A A A
BANGLI - Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) menunjukkan komitmennya dalam pelestarian adat dan budaya Bali , salah satunya dengan hadirnya mobil ngayah Perindo dalam upacara Dewa Yadnya di Desa Taman Bangli Bali, Selasa (20/12/2022).

Mobil ngayah Partai Perindo ini ikut serta dalam mengantarkan umat serta sarana upacara di Desa Taman Bali, Kabupaten Bangli.

Sarana upacara ini diangkut dari Kabupaten Karangasem menuju ke Banjar Dinas Gaga, Desa Taman Bali Bangli, untuk upacara karya ngenteg linggih, caru manca durga, rsi ghana, melaspas mupuk pedagingan dan pedudusan alit di mrajan ageng karang wayah dadia batur pasek telengan.



Ngayah adalah kearifan lokal yang ada tumbuh dan berkembang di Bali. Ngayah merupakan istilah bagi seseorang atau kelompok yang bekerja dengan tulis ikhlas tanpa mendapatkan imbalan secara material.



Secara internasional konsep ngayah di Bali sangat mirip dengan konsep relawan, namun dalam ngayah tetap mengikuti kaidah adat dan aturan sosial yang berada di masyarakat bali.

Ngayah merupakan kewajiban sosial masyarakat Bali, menurut masyarakat Bali, dengan melakukan ngayah mereka sekaligus telah menunaikan kewajiban sosial dan agama Hindu.



Untuk itu, kata Sekretaris DPW Partai Perindo Bali, I Nyoman Widana, Partai Perindo turut ikut serta mengambil peranan dalam tradisi ngayah ini, seperti yang dilakukan oleh dpw partai perindo provinsi bali.

“Di mana DPW Partai Perindo Provinsi Bali menyiapkan kendaraan jenis mobil pikap yang dapat digunakan untuk kegiatan ngayah ini,” katanya.

Dia pun berkomitmen, mobil ngayah Partai Perindo akan secara rutin ikut berpartisipasi di setiap kegiatan keagamaan atau upacara yang ada di Bali.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)