Gubernur Sugianto Sabran Pancangkan Tiang Perdana Pembangunan RSUD Wilayah Barat Kalteng

Senin, 19 Desember 2022 - 17:11 WIB
loading...
Gubernur Sugianto Sabran Pancangkan Tiang Perdana Pembangunan RSUD Wilayah Barat Kalteng
Pemerataan aksesbilitas kesehatan yang dirindukan masyarakat khususnya wilayah barat terjawab sudah dengan akan dimulainya pembangunan Rumah Sakit Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.
A A A
PALANGKA RAYA - Pemerataan aksesbilitas kesehatan yang dirindukan masyarakat khususnya wilayah barat terjawab sudah dengan akan dimulainya pembangunan Rumah Sakit Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Hal ini merupakan pengejawantahan dari salah satu misi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) 2021-2026 di bidang kesehatan.

Pada momentum dan bagian penting dari tonggak sejarah bagi masyarakat Kalteng tersebut, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melakukan pemancangan tiang perdana pembangunan RSUD Provinsi Kalteng di Desa Pembuang Hulu I, Kecamatan Hanau, Kabupaten Seruyan, Senin (19/12/2022).

Dalam sambutannya Gubernur Sugianto Sabran mengatakan bahwa pembangunan Rumah Sakit Rujukan Regional Wilayah Barat di Kalteng ini untuk mendukung sistem rujukan kesehatan perorangan yang efektif, efisien dan berkesinambungan.

"Sektor kesehatan sama halnya dengan pendidikan merupakan hak dasar seluruh warga negara untuk mendapat layanan yang sama. Maka aksesbilitas keterjangkauan masyarakat terhadap fasilitas kesehatan merupakan kewajiban pemerintah untuk menyediakan dengan baik," ujarnya.

Sugianto berharap dibangunnya RSUD Kelas B di Kecamatan Hanau dapat memberikan kemudahan akses layanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya di wilayah barat Kalteng. Hal ini merupakan bentuk komitmen Pemprov Kalteng untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang prima, agar bisa dinikmati seluruh masyarakat, tanpa terkecuali, termasuk yang tidak mampu.
Gubernur Sugianto Sabran Pancangkan Tiang Perdana Pembangunan RSUD Wilayah Barat Kalteng

"Kembali saya tegaskan bahwa tidak ada satupun warga Kalimantan Tengah terkhusus bagi warga tudak mampu yang tidak terlayani dengan baik,” ucapnya.

Sugianto Sabran menyebut bahwa pembangunan RSUD wilayah barat tersebut beriring sejalan dengan penyediaan dan peningkatan kualitas SDM kesehatan dan secara khusus dokter spesialis, sehingga pembangunan selesai, SDM kesehatan sudah tersedia dan siap ditugaskan di RSUD type B Pemprov Kalteng di Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan.

“Dalam pengembangan SDM kesehatan khususnya kita telah bekerja sama dengan beberapa universitas ternama di Indonesia,” imbuhnya.

Menurutnya, pembangunan RSUD ini juga belajar dari pengalaman menghadapi pandemi Covid-19 bahwa hampir semua pasien dirujuk ke Palangka Raya, dan RSUD milik pemerintah dr. Doris Sylvanus tidak mampu menampung dan melayani secara maksimal. "Maka dengan dibangunnya RSUD milik Pemprov Kalteng di wilayah barat, akan membantu mengurai masalah pelayanan kesehatan yang dihadapi," katanya.

Di tempat yang sama, sebagai tuan rumah Bupati Seruyan Yulhaidir menyampaikan rasa terima kasih kepada Gubernur Kalteng yang telah menginisiasi pembangunan RSUD Provinsi Kalteng wilayah barat.

“Dimulainya pembangunan rumah sakit umum daerah ini merupakan hadiah terindah di akhir tahun 2022. Rumah Sakit Umum Daerah Milik Pemprov ini tentu hanya tempatnya saja di Kabupaten Seruyan, tapi tujuan utama adalah melayani seluruh kabupaten di wilayah barat khususnya, dan tidak menutup kemungkinan provinsi atau daerah lain pun akan memanfaatkan rumah sakit baru ini nantinya,” ujar Yulhaidir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2754 seconds (0.1#10.140)