Pengabdian 26 Tahun, Batalyon Wira Satya Akpol Gelar Kegiatan Kemanusiaan

Minggu, 18 Desember 2022 - 09:05 WIB
loading...
Pengabdian 26 Tahun, Batalyon Wira Satya Akpol Gelar Kegiatan Kemanusiaan
Foto Anggota Batalyon Wira Satya saat masih menjalani pendidikan di Akademi Kepolisian (Akpol). 
A A A
SEMARANG - Batalyon Wirasatya (WS) Akademi Kepolisian ( Akpol ) genap 26 tahun melakukan pengabdian kepada masyarakat. Batalyon ini 26 tahun yang lalu alias tahun 1996, jumlahnya 301 perwira remaja Wirasatya, dilantik di Istana Negara oleh Presiden Suharto, bersama-sama dengan lulusan Akademi Militer (Angkatan Darat), Akademi Angkatan Laut (AAU) dan Akademi Angkatan Laut (AAL).

Hari ini, personil Batalyon WS tersebar di seluruh Indonesia dan Mabes Polri dengan berbagai penugasannya. Sebagian besar berpangkat Komisaris Besar (Kombes) menempati jabatan strategis di tingkat Polda maupun Polrestabes. Tak hanya itu ada pula yang ditugaskan di luar negeri sebagai Atase Polri (Atpol) di Kedutaan Besar.

Sejak lulus 26 tahun yang lalu, saat ini Batalyon WS sudah ada yang pecah bintang alias berpangkat jenderal dan menempati pos strategis.

Baca juga: Kobaran Api Hanguskan Asrama Putra MTs Negeri Pemalang

Peraih Adhi Makayasa ketika itu, Jhon Edison Isir sekarang berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen) dan menjabat Wakil Kepala Polda Sulawesi Utara. Nama lainnya; Brigjen Ribut Hari Wibowo sebagai Karo Binkar SSDM Polri, Direktur Penegakan Hukum Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Brigjen Hando Wibowo, Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Brigjen Asep Guntur Rahayu, Direktur Intelijen Badan Narkotika Nasional (BNN) Brigjen Ruddi Setiawan.

Selain itu, di Detasemen Khusus (Densus) 88 juga ada nama Brigjen Herry Heryawan sebagai Direktur Penyidikan, Brigjen Arif Makhfudiharto sebagai Direktur Identifikasi dan Sosialisasi (Idensos) Densus 88, Direktur intelejen Brigjen Simson Z ringu

Jenderal-jenderal lain Batalyon WS juga menempati pos strategis di Kementerian Dalam Negeri di STPDN, hingga di Badan Intelijen Negara (BIN).

Aktif Berkontribusi
Ketua Angkatan 1996/Batalyon WS Kombes Pol Budhi Herdi Susianto mengatakan Batalyon WS sangat peduli dengan kegiatan sosial dan semu terwadahi dalam yayasan Wirasatya yang sudah berbadan hukum

“Kekompakan Batalyon WS terlihat pada kegiatan kemanusiaan dengan Tema Peduli Polri untuk Negeri,” kata Budhi.

Sebut saja peran mereka memberikan bantuan kepada korban tsunami di Palu, Nusa Tenggara Barat, gempa di Cianjur, membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi di berbagai daerah di Indonesia hingga memberikan pelatihan UMKM berbasis digital.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1694 seconds (0.1#10.140)