Lapas Kelas I Semarang Terima Mobil Ambulans Hibah dari Pemkot

Jum'at, 16 Desember 2022 - 17:27 WIB
loading...
Lapas Kelas I Semarang Terima Mobil Ambulans Hibah dari Pemkot
Lapas Kelas I Semarang menerima hibah satu mobil ambulans dari Pemkot Semaranng yang diserahkan oleh Plt. Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Jumat (16/12/2022). Foto/MPI/Eka Setiawan
A A A
SEMARANG - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menerima hibah satu mobil ambulans dariPemkot Semarang. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Plt. Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Jumat (16/12/2022).

“Sekira 90 persen dari penghuni Lapas Semarang ini warga Kota Semarang, jadi sudah kewajiban Pemkot Semarang untuk membantu akses kesehatan untuk warga binaan,” kata Mbak Ita, sapaan Wali Kota Semarang itu.



Dia menyebut mobil ambulans itu dapat diperuntukkan maupun digunakan dalam kondisi darurat ataupun membawa warga binaan ke rumah sakit rujukan lapas.

Selain ambulans, Lapas Semarang juga menerima hibah uang Rp500 juta untuk pembangunan pendopo yang dinamakan Andaru. Ini adalah pendukung untuk aula yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pertemuan maupun sarana olahraga di lapas. Baik untuk kunjungan tatap muka maupun kegiatan pembinaan.

Mbak Ita berharap berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Pemkot Semarang bersama Lapas Semarang bisa berdampak positif dan bermanfaat bagi narapidana.

“Harapannya, warga binaan di lapas ini bisa menjadi insan yang lebih baik lagi saat keluar nanti dan tidak melakukan pelanggaran hukum lagi kembali ke lapas,” harapnya.


Sementara, Kalapas Semarang, Tri Saptono Sambudji mengungkapkan bahwa saat ini lapas memang terkendala alat transportasi ketika ada narapidana yang sakit dan hendak dibawa ke rumah sakit di luar lapas. Hal itu dikarenakan mobil ambulans yang ada kondisinya sudah tidak mumpuni untuk dioperasikan.

“Mobil ambulans yang dimiliki lapas kini sudah saatnya diganti lantaran termakan usia sehingga tak layak digunakan,” tutur Tri Saptono.

Bantuan mobil ambulans dari Pemkot Semarang ini akan sangat membantu saat narapidana membutuhkan penanganan medis khusus.

“Di lapas sudah ada klinik pratama, namun saat ada narapidana yang membutuhkan perawatan lebih intensif pastinya butuh rujukan ke rumah sakit di luar lapas. Tentunya mobil ambulans bantuan Pemkot Semarang pasti sangat kami butuhkan,” tandasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2318 seconds (0.1#10.140)