KNPI Dorong Pembangunan di Papua

Rabu, 25 Februari 2015 - 13:03 WIB
KNPI Dorong Pembangunan di Papua
KNPI Dorong Pembangunan di Papua
A A A
JAKARTA - Kongres XIV Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di Jayapura, Papua, dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, kemarin. Ribuan pemuda dari Sabang sampai Merauke memenuhi Bumi Cendrawasih itu.

Ketua Umum DPP KNPI Taufan E.N Rotorasiko mengatakan, kongres ini mengingatkan kita semua pada semangat para pemuda dari berbagai daerah berkumpul dan bersatu pada 27-28 Oktober 1928 di Jakarta, yang melahirkan deklarasi Sumpah Pemuda 1928, yang menjadi cikal bakal terbentuknya NKRI.

Pemilihan dan penyelenggaraan Kongres KNPI di Jayapura, Papua, memang terkait dengan semangat Sumpah Pemuda.

"Kongres KNPI di Jayapura, Papua adalah semangat untuk melengkapi sejarah deklarasi pemuda untuk memperkuat NKRI," ujar Taufan dalam pers rilisnya, Rabu (25/2/2015).

Kongres ini, kata Taufan, sebagai penegasan bahwa Papua sudah jauh lebih aman dan nyaman. Kongres ini juga merupakan penegasan bahwa Provinsi Papua adalah provinsi yang aman untuk pembangunan ekonomi dan tujuan wisata.

"Kongres KNPI di Papua mendorong percepatan Provinsi Papua mencetak pemuda pemudi menuju kepemimpinan nasional maupun internasional," kata Taufan.

Sementara itu, Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan, pemerintah provinsi dan masyarakat Papua sangat senang dan menyambut baik kebijakan DPP KNPI memilih Jayapura sebagai kota diadakannya Kongres XIV KNPI.

"Tugas kami selaku pemerintah provinsi, panitia dan masyarakat bukan hanya menyukseskan Kongres KNPI di Jayapura dan Papua. Tapi kami ingin mengatakan kepada bangsa Indonesia dan dunia bahwa Kota Jayapura itu aman untuk penyelenggaraan pertemuan tingkat nasional dan internasional. Itu yang sangat penting."

Kongres XIV KNPI ini dihadiri oleh 1.200 tamu undangan. Para tamu undangan yang hadir dalam kongres adalah seluruh DPP, DPD KNPI tingkat I dan DPD KNPI tingkat II, KNPI perwakilan Malaysia, pimpinan OKP nasional serta beberapa OKP tingkat lokal, dan peninjau.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7549 seconds (0.1#10.140)