Jelang Prosesi Adat Siraman, Jokowi Pasang Bleketepe di Depan Rumah

Jum'at, 09 Desember 2022 - 09:24 WIB
loading...
Jelang Prosesi Adat Siraman, Jokowi Pasang Bleketepe di Depan Rumah
Keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar prosesi adat Siraman di kediamannya di Sumber, Banjarsari, Solo, Jumat (9/12) pagi. MPI/August
A A A
SOLO - Keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar prosesi adat Siraman di kediamannya di Sumber, Banjarsari, Solo , Jumat (9/12) pagi.

Tradisi masyarakat Jawa ini dibuka dengan pemasangan bleketepe (hiasan daun kelapa yang dianyam) oleh Presiden Jokowi didampingi Iriana Jokowi, Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu di depan rumah Presiden sekitar pukul 08.00 WIB.

Mengenakan busana Jawi Jangkep berwarna merah muda, Jokowi naik sebuah tangga pendek untuk memasang bleketepe.

Tampak Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia Mahfud MD, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Idong Setyo Husodo juga mengikuti acara tersebut.

Selesai memasang bleketepe, Iriana kemudian membuka penutup (buka brongsong) dua buah tundun pisang yang terpasang di sisi kanan dan kiri depan rumahnya (tuwuhan).

Seluruh anggota keluarga Presiden Jokowi termasuk Girban Rakabuming Raka dan para tamu yang hadir kemudian masuk ke dalam rumah untuk melakukan prosesi siraman.

Baca: Hujan Deras Disertai Angin Kencang Robohkan Bangunan Madrasah di Indramayu.

Sebanyak 7 sumber mata air dari Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor dan Kediaman Solo telah disiapkan.

Saat di dalam kediaman Jokowi dilakukan prosesi Sungkeman, Penerimaan dan Pencampuran Air baru dilanjutkan dengan prosesi Siraman Calon Pengantin Putra.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)