Gempa M6,1 di Sukabumi, Warga Rasakan 2 Kali Guncangan Besar

Kamis, 08 Desember 2022 - 08:59 WIB
loading...
Gempa M6,1 di Sukabumi, Warga Rasakan 2 Kali Guncangan Besar
Warga merasakan dua kali guncangan besar saat terjadi gempa 6,1 magnitudo di Sukabumi, Jawa Barat.
A A A
SUKABUMI - Warga Kota Sukabumi merasakan 2 kali guncangan gempa bumi . Kejadian tersebut membuat panik sebagian warga yang sedang melakukan aktivitas. Badan Meteorologi Geofisika dan Klimatologi (BMKG) menyebutkan gempa tersebut berkekuatan 6,1 magnitudo.

Kepala BMKG Bandung, Teguh Rahayu mengatakan gempa Kamis (8/12/2022) sekira pukul 07.50 WIB tersebut, berlokasi di 7.11 LS,106.99 BT atau 22 km tenggara Kota Sukabumi, Jawa Barat, dengan kedalaman 104 km.

"Gempa dirasakan di Rancaekek IV MMI, Lembang, Bogor, Bandung, Pangandaran, Padalarang, Pamoyanan, Sumedang, dan Cianjur, III MMI, Cisolok, Sumur, Sukabumi,Jakarta Selatan, Garut, Bekasi dan Tangerang Selatan," ujar Kepala BMKG Bandung, Teguh Rahayu kepada MNC Portal Indonesia.

Baca juga: Gempa Bumi M6,1 di Sukabumi Berpusat di Darat

Sementara itu Herawati (53) warga Puri Cibeureum Permai I, Kota Sukabumi, mengatakan bahwa dirinya merasakan gempa sebanyak 2 kali. Dirinya yang sedang melakukan aktivitas rutin di rumah, dikagetkan dengan lampu ruang tengah yang bergoyang.

"Saya lagi beres-beres rumah, tiba-tiba terasa gempa, lalu saya teriak menyuruh anak-anak turun dari lantai 2 untuk keluar rumah karena gempanya besar. Ketika gempa sudah tidak dirasakan, kita mau masuk rumah lagi, guncangan kedua dirasakan kembali dan semua kembali ke luar rumah," ujar Herawati.

Lebih lanjut Herawati mengatakan bahwa dirinya semenjak ada gempa M5,6 Cianjur, selalu waspada. Karena gempa dirasakan sering terjadi di wilayah Kota Sukabumi.

"Bukan parno (paranoid) tapi sejak gempa Cianjur, kadang ada gempa jam 2 pagi, lalu ada gempa susulannya jam 4 subuh. Jadi suka tidak bisa tidur lagi," ujar Herawati.
(msd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1634 seconds (10.101#12.26)