Tepis Stigma Negatif, Ketua DPRD Kendal Ajak Kader Ansor Terjun ke Politik

Jum'at, 02 Desember 2022 - 08:29 WIB
loading...
Tepis Stigma Negatif, Ketua DPRD Kendal Ajak Kader Ansor Terjun ke Politik
Sarasehan kepemudaan digelar dalam rangka pelantikan pengurus PAC Ansor Kecamatan Kaliwungu di Gedung MWC NU Kaliwungu, dihadiri pengurus dan kader Ansor di setiap ranting di wilayah setempat.
A A A
KENDAL - Sebagian masyarakat memberikan stigma negatif terhadap dunia politik. Banyak yang menganggap bahwa politik identik dengan perilaku yang kotor dan koruptif. Padahal, justru lewat politik lah perubahan bisa dilakukan.

Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun tidak menyalahkan anggapan tersebut. Menurutnya penilaian negatif terhadap dunia politik, muncul dari banyaknya perilaku menyeleweng yang dilakukan oleh para oknum pejabat publik. Sebaliknya, politisi PKB itu ingin membuktikan bahwa politik bisa membawa kemaslahatan bagi masyarakat.

Demikian disampaikan Makmun saat menjadi narasumber dalam sarasehan kepemudaan yang digelar PAC Ansor Kecamatan Kaliwungu belum lama ini.

“Insya Allah tahun depan PC Ansor dan Fatayat Kendal bisa punya kantor sendiri, masing-masing dua lantai. Anggarannya saya usulkan lewat pokok-pokok pikiran DPRD dan sudah digedok dalam APBD 2023,” kata Makmun.

“Saya gedok anggaran itu sambil membaca bismillah. Di dalamnya ada dana untuk para guru madrasah. Ada 600 juta untuk gedung Ansor, 500 juta untuk membangun gedung Fatayat. Alhamdulillah,” lanjutnya.

Makmun berharap apa yang dilakukan dapat menginspirasi para kader Ansor dan kaum muda untuk terjun ke dalam dunia politik. Menurutnya sistem ketatanegaraan yang dianut Indonesia menempatkan partai politik sebagai instrumen dalam demokrasi.

“Orang mau jadi presiden, mau jadi bupati, mau jadi DPR, semuanya lewat partai politik. Dengan sistem demokrasi yang diterapkan di Indonesia, negara ini diatur oleh para politisi. Karena itu lah, Ansor harus bisa menempatkan para kadernya,” sambungnya.

Menurutnya politik menjadi ladang dakwah dan perjuangan bagi para kader Ansor dalam rangka amar maruf nahi munkar dan sekaligus memberikan manfaat kepada masyarakat.

Lebih lanjut Makmun merasa sangat beruntung menjadi kader Ansor. Mantan Ketua PAC Ansor Kecamatan Kangkung itu mengaku bisa menjadi Ketua DPRD Kendal berkat proses yang dia lalui sejak dari IPNU. Karena itulah, Makmun merasa harus bisa memberikan manfaat bagi organisasi yang telah mengantarkannya pada posisinya hari ini.

“Saya tidak pernah membayangkan akan menjadi Ketua DPRD seperti saat ini. Saya tak banyak memiliki uang. Modal saya ya karena pernah di IPNU dan Ansor. Inilah barokah luar biasa yang saya dapatkan dari Ansor dan dari NU,” kata Makmun.

Makmun mengajak para kader Ansor di mana pun berada, apapun yang diperankan, dapat selalu menebar kebaikan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat dan lingkungan. Apakah itu menjadi dosen, politisi, pengusaha, prinsip-prinsip yang telah diajarkan dalam Ansor maupun para sesepuh NU dapat terus dilakukan.

Diberitakan, sarasehan kepemudaan digelar dalam rangka pelantikan pengurus PAC Ansor Kecamatan Kaliwungu di Gedung MWC NU Kaliwungu, dihadiri pengurus dan kader Ansor di setiap ranting di wilayahsetempat.

Diskusi dipandu oleh Misbahul Munir, Ketua PC Ansor Kendal, berlangsung interaktif dan bahkan melewati alokasi waktu yang dijadwalkan. Selain Ketua DPRD Kendal, sarasehan kepemudaan yang mengetengahkan tema “aktualisasi nilai-nilai pergerakan bagi generasi milenial” juga menghadirkan narasumber dari pengurus wilayah Ansor Jawa Tengah. (ADV)
(srf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3841 seconds (11.97#12.26)