Peduli Kemanusiaan, 16 Komunitas di Surabaya Gelar Donor Darah Serentak

Kamis, 01 Desember 2022 - 18:54 WIB
loading...
Peduli Kemanusiaan, 16 Komunitas di Surabaya Gelar Donor Darah Serentak
Sebanyak 16 komunitas di Surabaya menggelar donor darah serentak untuk membantu sesama sekaligus memperingati Hari Pahlawan 2022.
A A A
SURABAYA - Belasan komunitas dari berbagai genre dan warga sekitar berkolaborasi menggelar aksi donor darah . Komunitas yang tergabung dalam Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) ini sukses menyumbangkan puluhan kantong darah untuk PMI.

Koordinator acara donor darah di Surabaya Richard Arthur, mengatakan donor darah untuk semua komunitas yang terlibat ini dipusatkan di kantor PMI Kota Surabaya pertengahan bulan lalu. Para komunitas sangat antusias mengikuti kegiatan yang mengambil tema Hari Pahlawan pada 10 November 2022 tersebut.

"Komunitas memperingati Hari Pahlawan dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk sesama. Karena itu tema kegiatan ini adalah KITA adalah Pahlawan. Ada anak motor Bold Riders, fans club dan pecinta alam di Surabaya," katanya, Kamis (1/12/2022).

Baca juga: Karang Taruna Sumbang Darah dan Bingkisan untuk Guru di Probolinggo

Para anggota komunitas ini sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut/ Hanya saja, karena harus memenuhi syarat seperti tensi darah dan faktor kebugaran, ada sejumlah anggota komunitas yang terpaksa ditolak PMI untuk donor. Namun dari donor ini sukses mendapatkan puluhan kantong darah yang diberikan untuk PMI.

Komunitas yang terlibat ini berasal dari anak motor yang tergabung dalam Bold Riders yakni dari PSP, YR 15, Bajaj 815, CRF, COC, Gascoot, Sosis, Kombis, GSI, KCI, SVS, kemudian ada juga pecinta alam Semanggi Alas dan Kopi Alas, serta anak fans club dari pendukung Real Madrid di Surabaya yakni PRMI.

Program donor darah Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 ini digelar serentak di seluruh Indonesia Timur mulai 29 Oktober sampai 13 November 2022 kemarin.

Total ada sebanyak 750 komunitas di lebih dari 82 Kabupaten/Kota di Indonesia Timur. Jumlah kota ini tersebar di 15 provinsi. Tahun ini kegiatan sosial tersebut mengambil tema kepahlawanan yakni KITA adalah Pahalwan.

Program tersebut menghasilkan 3.085 kantong darah dari total pendaftar 5.894. Atas raihan ini Museum Rekor Dunia Indonesia (MUri) memberikan dua penghargaan sekaligus, yakni pertama penghargaan rekor sebagai donor darah terbesar yang dilakukan komunitas. Kemudian rekor kedua yakni donor di provinsi terbanyak, yakni donor darah secara pararel dalam kurun waktu dua minggu di 15 provinsi
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4070 seconds (0.1#10.140)